Mahasiswa Jangan Golput, Ini Loh Sekelumit Alasan Kenapa Menyalurkan Hak Suara di Pemilu Penting

Menurut Jimmi harus di ingat juga bahwa mahasiswa merupakan salah satu aktor penggerak utama dalam sebuah negara demokrasi.

Mahasiswa Jangan Golput, Ini Loh Sekelumit Alasan Kenapa Menyalurkan Hak Suara di Pemilu Penting
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/BELLA
Mahasiswa Universitas Tanjungpura Pontianak , Jimmi Abraham 

Mahasiswa Jangan Golput, Ini Loh Sekelumit Alasan Pentingnya Menurut Jimmi

PONTIANAK - Mahasiwa adalah bagian dari anak muda penerus bangsa yang jumlahnya cukup besar.

Demikianlah penilaian Jimmi Abraham, seorang mahasiswa di kampus Universitas Tanjungpura Pontianak.

Maka, menurut mahasiswa yang aktif berkuliah di universitas Tanjungpura ini, perlu disadari oleh para mahasiswa bahwa suara mereka merupakan salah satu indikator penentu yang mempunyai peluang besar untuk menentukan nasib bangsa.

Baca: Sebanyak 199 Mahasiswa Program Magister Mengikuti Wisuda Universitas Tanjungpura Periode III

Baca: Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Gelar Pentas Ekonomis ke-4

Juga siapa pemimpin dan siapa wakil rakyat yang bisa memimpin dan mewakili rakyat Indonesia yang dipilih melalui pemilihan umum yang tinggal menghitung hari.

Selain itu, menurut Jimmi harus di ingat juga bahwa mahasiswa merupakan salah satu aktor penggerak utama dalam sebuah negara demokrasi, dimana satu diantara representatif dari negara demokrasi adalah pemilihan umum.

Maka menurut dia, partisipasi mahasiswa dalam pemilihan umum merupakan bentuk kepedulian yang sangat besar dalam negara demokrasi.

Apalagi mahasiswa merupakan “ agent of change “ atau agen perubahan merupakan, dimana istilah itu selalu melekat dikalangan mahasiswa.

Begitu juga dengan pemilu, dimana pemilu merupakan cara untuk memperoleh perubahan dalam sebuah negara, karena para pemimpin dan wakil rakyat yang dipilih melalui pemilu adalah mereka yang akan menentukan perubahan arah bangsa yang tentunya dengan perubahan kearah yang lebih baik.

Baca: Kampus Rajang Malaysia Berkunjung ke Prodi Bahasa Inggris Untan

Baca: VIDEO: Liga Futsal Kampus Biru Fisipol Untan Kembali Digulirkan

Maka jika mahasiswa berperan aktif di pemilu itu berati peran “ agent of change” dalam menentukan perubahan sebuah bangsa sudah dilakukan oleh mahasiswa melalui pemilu tersebut.

Selain itu, melalui lembaga KPU yang merupakan lembaga penyelenggara pemilu sudah berusaha semakasimal mungkin untuk agar khususnya mahasiswa bisa tetap memilih.

Walaupun mahasiwa tersebut sedang menempuh pendidikan di perantauan, caranya adalah KPU sudah menyadiakan berkas A5 yang merupakan layanan agar pemilih tetap bisa memilih walaupun tidak berada didaerah asal mereka.

“Tentunya sangat diharapkan agar mahasiswa mempunyai ambil peran dalam menyukseskan pemilu dengan cara berpartisipasi saat pemilu atau tidak golput, karna suara dari mahasiswa merupakan penentu perubahan negara Indonesia,”. (*)

Penulis: Bella
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved