Tingkatkan Minat Literasi, Tim PKM UNU Kalbar Latih Pustakawan di Rasau Jaya

“Rumah Literasi Rasau Jaya untuk Meningkatkan Cinta Budaya dan Kearifan Lokal” diikuti oleh masyarakat, pustakawan desa

Tingkatkan Minat Literasi, Tim PKM UNU Kalbar Latih Pustakawan di Rasau Jaya
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Suasana pelatihan pustakawan di Desa Rasau Jaya I, Kecamatan Rasah Jaya, Kabupaten Kubu Raya. 

Tingkatkan Minat Literasi, Tim PKM UNU Kalbar Latih Pustakawan di Rasau Jaya

Citizen Reporter Ketua IPPNU Landak, Seniri

KUBU RAYA - Kuranya penggiat literasi dan minat baca terhadap anak-anak, Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalimantan Barat (Kalbar) kembali melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Rasau Jaya I, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Rabu (10/4/2010).

PKM kali ini bertajuk “Rumah Literasi Rasau Jaya untuk Meningkatkan Cinta Budaya dan Kearifan Lokal” diikuti oleh masyarakat, pustakawan desa dan pustakawan sekolah.

Tujuan dari pelatihan pustakawan ini adalah untuk melatih pustakawan desa yang nantinya akan bergabung dalam tim pustakawan pada rumah literasi Rasau Jaya.

Baca: Deretan Artis Miliki Kisah Sama Seperti Audrey Pontianak, Dijambak Bahkan Dipukuli

Baca: RAMALAN ZODIAK Asmara Jumat 12 April 2019, Aries Bertemu Seseorang Bermakna, Buka Hati Sagitarius

Baca: Kalbar 24 Jam - Tuntutan Terduga Pelaku Kasus Audrey Pontianak, Hoaks dan Fakta, hingga Ria Ricis

Kurangnya minat literasi di Desa Rasau Jaya I, yang melatarbelakangi dosen bahasa Ingggris UNU Kalbar, Dessy Setyowati untuk menginisiasi tim PKM melaksanakan kegiatan disana.

"Berdasarkan hasil observasi, temuan permasalahan yang ada yaitu kurangnya kesadaran minat membaca dan menulis masyarakat terutama pada anak-anak, kecenderungan masyarakat terutama anak-anak lebih menyukai bermain gadget daripada aktifitas membaca dan menulis, keterbatasan buku sebagai sumber baca, dan kurangnya penggiat di bidang literasi," paparnya.

Selanjutya kata dia, solusi secara umum pada permasalahan tersebut adalah membangun Rumah Literasi Rasau Jaya.

Selain itu lanjutnya, solusi secara khusus dari permasalahan tersebut adalah tersedianya buku-buku terutama yang bermuatan kearifan lokal sebagai sumber baca, terbentuknya tim pustakawan desa yang mengelola rumah literasi tersebut, masyarakat khususnya anak-anak memahami tentang cara membaca dan menulis yang benar, serta mampu meningkatkan minat membaca dan menulis.

Agenda yang telah dilaksanakan sebagai bentuk upaya dalam mengatasi permasalahan di atas yaitu Tim PKM UNU Kalbar telah melaksanakan Sosialisasi PKM “Rumah Literasi Rasau Jaya untuk Meningkatkan Cinta Budaya dan Kearifan Lokal” dan dilanjutkan dengan “Pelatihan Pustakawan” yang berlangsung di Kantor Kecamatan Rasau Jaya.

Halaman
12
Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved