Rektor Universitas Tanjungpura dan Universitas Terbuka Jalin Kerjasama

Thamrin Usman katakan saat itu Untan punya peran besar terhadap UT khusunya pada pengelola Unit Program Belajar Jarak Jauh

Rektor Universitas Tanjungpura dan Universitas Terbuka Jalin Kerjasama
TRIBUNPONTIANAK/Anggita Putri
Foto bersama usai Rektor Universitas Tanjungpura Prof Thamrin Usman Dea mendandatangi memorandum of understanding bersama Rektor Universitas Terbuka Prof Ojat Darojat di Hotel Mercure, Jalan Jendral Ahmad Yani, sabtu ( 23/3/2019). 

Rektor Universitas Tanjungpura dan Universitas Terbuka Jalin Kerjasama

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK- Rektor Universitas Tanjungpura Prof Thamrin Usman Dea menandatangi memorandum of understanding bersama pihak Rektor Universitas Terbuka Prof Ojat Darojat di Hotel Mercure, Jalan Jendral Ahmad Yani, sabtu ( 23/3/2019).

Kerjasama antara kampus Untan dan UT, sudah terjalin lama diawali sejak UT terbentuk pada tahun 1984.

Thamrin Usman katakan saat itu Untan punya peran besar terhadap UT khusunya pada pengelola Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ), karena ketua UPBJJ saat itu berasal dari kampus Untan.

Perkembangan situasi UT terus membaik sehingga menjadikan UT kampus yang mandiri, akan tetapi tetap Untan menjadi pembina UT.

" Mou yang kita tandatangani tentu saja akan memberi peran kepada kedua belah pihak untuk menjadi bagian yang punya peran penting," ujar Thamrin Usman saat ditemui oleh wartawan.

Apa lagi melihat kondisi global dengan hadirnya IT, kemudian melihat kondisi real di Kalbar. Bahwa Kalbar mempunyai daerah 3T.

Secara geografis Kalbar memiliki tingkat kesukaran geografis yang lumayan tinggi untuk bisa menjangkau seluruh bagian daerah di Kalbar.

"Di Kalbar sendiri anak muda yang punya hak saatnya untuk kuliah hanya 24 persen," ucapnya.

Dibandingkan nasional sudah 34 persen, dan Kalbar masih berada dibawah persentase nasional.

Oleh sebab itu kerjasama ini menjadi strategis mana kala dihadapkan untuk mempercepat peningkatan kualitas SDA di Kalbar.

Baca: Bengkayang Lakukan MoU Bersama Universitas Terbuka

Baca: Universitas Terbuka Tandatangani MoU Dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat

Baca: Live Streaming LIDA Indosiar 2019 Top 21 Grup 4! Saksikan Diyan Kalbar, Faul Aceh hingga Ebi Jambi

"Kerjasama dengan UT lebih strategis, dan kami juga sudah melakukan diskusi sederhana bahwa ini saatnya kita bergandeng tangan lebih etensif, tidak lagi konvensional untuk memanfaatkan teknologi yang tersedia di kehidupan kita khususnya teknologi informasi komunikasi," pungkasnya.

Kondisi sekarang juga sudah berada di revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan hadirnya teknologi informasi dengan munculnya pemikiran inovatif.

Maka dihadapkan dengan kondisi real kalbar . Jika terwujudnya kerjasama yang modern dan etensif dalam manfaatkan teknologi yang dimiliki kedua belah pihak, maka sebenarnya bisa dilakukan percepatan . Hingga persentase SDA yang berkualitas di Kalbar bisa semakin banyak dan meningkat.

Penulis: Anggita Putri
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved