Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Iwapi Kalbar Bersama DPD & DPC Gelar Expo UMKM

Oktavia mengatakan kegiatan Expo UMKM merupakan pertama kali digelar oleh Iwapi dimana para peserta yang mengisi pameran dan stand

Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Iwapi Kalbar Bersama DPD & DPC Gelar Expo UMKM
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ SYAHRONI
Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan saat memukul gendang tanda dibukanya kegiatan Expo UMKM oleh Iwapi dan didampingi Ketua Iwapi Provinsi Kalbar serta Ketua Iwapi Kota Pontianak dan pengurus lainnya, di PCC, Jalan Sultan Syarif Abdurrahman, Selasa (19/3/2019). 

Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Iwapi Kalbar Bersama DPD & DPC Gelar Expo UMKM

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK- Dalam rangka HUT ke-44, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) mengadakan EXPO UMKM di Pontianak Convention Centre, Selasa (19/3/2019)

Ketua Iwapi Provinsi Kalbar, Oktavia mengatakan kegiatan Expo UMKM merupakan pertama kali digelar oleh Iwapi dimana para peserta yang mengisi pameran dan stand adalah para penggiat usaha khususnya yang ada di Kota Pontianak dan sekitar.

"Saya sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini dari teman-teman cabang, dikarenakan ini merupakan pertama kali juga untuk menjadi wadah dan alat pemersatu para penggiat usaha dalam mengedepankan usahanya dan juga memperkenalkan setiap bidang usaha baik itu yang baru terjun ataupun yang sudah lama terjun di bidang usaha ini sendiri," ujarnya saat ditemui di di stand galery Iwapi.

Baca: Hadiri Expo UMKM, Bahasan Harap IWAPI Mampu Tumbuhkan UMKM

Baca: Oktavia Sebut Iwapi Kalbar Sebagai Wadah & Pemersatu UMKM

Baca: Iwapi Gelar Expo UMKM dan Berharap Mampu Berikan Solusi Atasi Pengangguran

Selain itu, ia mengatakan untuk anggota dari Iwapi sendiri Oktavia mengaku masih belum menghitung sampai sekarang berapa banyak yang sudah menjadi anggota tetap, hal ini diakuinya karena dalam beberapa bulan ini ada anggota yang vakum.

"Database kita masih belum fix, jadi untuk anggota kita belum menghitung seberapa banyak. Akan tetapi info sementara yang saya terima anggota Iwapi ada sekitar 1000-an untuk seluruh Kalbar, itu belum fix karena DPC dan DPD belum masuk semuanya," ujarnya.

Maka dari itu, Oktavia berharap dengan adanya kegiatan dan kepengurusan baru, ia mengatakan semoga setiap anggota bisa tetap berusaha, maju dan berkembang lagi untuk kedepannya.

"Kita tidak terbatas hanya dalam satu bidang saja, dan anggota harus terpaku dalam usaha itu saja, tidak. Seperti UMKM baru yang ingin bergabung di Iwapi juga kami persilahkan, jadi setelah mereka bergabung kita bisa bantu mereka dalam pelatihan, ataupun cara memanage dan akan kita gandeng," sebut Oktavia.

Baca: Dukung Penggiat Usaha Wanita, Bebby Nailufa: IWAPI harus Berperan Berantas Kemiskinan

Baca: Tarian Multi Etnis Meriahkan Expo UMKM dan HUT IWAPI ke-44 di PCC Pontianak

Baca: VIDEO: Expo UMKM, Iwapi Dukung Penggiat Usaha Wanita

Lanjutnya, menjadi anggota Iwapi juga bisa dibantu dalam permodalan yang mana nantinya bunganya akan lebih kecil dibandingkan bunga bank.

"Kita tetap ada menggandeng mitra, seperti perbankan dan juga LPKP yang mana modalnya lebih kecil guna membantu para anggota kita yang sudah terdaftar. Setelah itu akan kita lihat lagi, mereka membutuhkan dari segi apa, jika dari segi manajemen akan kita beri pelatihan dan bantu semaksimal kita untuk mendukung penggiat usaha tersebut," paparnya.

Dikatakannya, Iwapi juga akan bekerjasama dengan pihak Financial yang mana tugas dari DPD dan DPC untuk membantu kebutuhan setiap anggota.

"Kita bantu kebutuhan setiap pelaku usaha, dimana nantinya akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi yang pasti, dan juga menciptakan usaha baru bagi yang belum bergabung dan ingin menulis usaha," pungkasnya.

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved