Citizen Reporter

Sujiwo Minta Kepala Desa Mampu Kelola Anggaran Pembangunan Desa dengan Baik

Sujiwo mengatakan pemerintah desa mendapatkan otoritas kewenangan untuk mengelola anggaran pembangunan desa.

Sujiwo Minta Kepala Desa Mampu Kelola Anggaran Pembangunan Desa dengan Baik
Istimewa
Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo saat membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kecamatan Kubu di Aula Kantor Camat Kubu, Senin (18/3). 

Citizen Reporter

Humas Pemkab Kubu, RayaRio Raziqin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo meminta kepala desa untuk mampu mengelola anggaran pembangunan desa dengan baik.

Menurut Sujiwo, kucuran anggaran pembangunan desa se-Indonesia dari pemerintah pusat yang hingga kini mencapai total Rp 187 triliun akan berdampak banyak bagi kemajuan desa jika dikelola dengan baik.

Terlebih dengan adanya Undang-Undang Desa yang membawa  semangat mengangkat martabat kehidupan dan kesejahteraan masyarakat desa.

“Undang-Undang Desa tujuannya supaya terjadi pergerakan ekonomi yang dahsyat di desa. Misalnya ada padat karya yang bisa melibatkan masyarakat setempat. Masyarakat bisa dikaryakan sehingga terjadilah pergerakan menuju desa berkembang, desa maju, dan akhirnya desa mandiri,” tutur Sujiwo saat membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kecamatan Kubu di Aula Kantor Camat Kubu, Senin (18/3).

Baca: Kalbar Tuan Rumah Rakernas ke-XIV, Ini Tanggapan Dwi Wulansari

Baca: Sambut Kujungan Kapolres Mempawah, Agoes: Sukseskan Pemilu Damai dan Kondusif

Terkait hal itu, Sujiwo menyebut kepala desa sebagai ujung tombak yang diandalkan untuk mengelola anggaran pembangunan desa dengan baik. Jika mampu mengelola anggaran tersebut, maka terbuka kemungkinan untuk adanya peningkatan anggaran ke depannya. 

“Kalau nanti para kades mampu mengelola anggaran dengan baik, maka itu akan bertambah terus. Tetapi jika pengelolaan tidak baik, bahkan menimbulkan masalah hukum, tidak tertutup kemungkinan akan dievaluasi,” ucap Sujiwo mengingatkan.

Sujiwo mengatakan pemerintah desa mendapatkan otoritas kewenangan untuk mengelola anggaran pembangunan desa.

Namun ia juga mengingatkan bahwa regulasi terkait pengelolaan dana desa tersebut tidak memberikan celah sedikit pun untuk kepala desa mendapatkan keuntungan pribadi.

Halaman
12
Penulis: Try Juliansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved