Himapol Indonesia Korwil 3 Kutuk Keras Aksi Penembakan Brutal di Masjid Selandia Baru

Aksi penyerangan di tempat ibadah tersebut membuktikan bahwa radikalisme dan terorisme dapat terjadi dimana saja

Himapol Indonesia Korwil 3 Kutuk Keras Aksi Penembakan Brutal di Masjid Selandia Baru
(AFP via Daily Mirror)
Brenton Tarrant, teroris penembakan masjid Selandia Baru membentuk gestur OK yang merupakan lambang supremasi kulit putih dengan jarinya ketika masuk untuk menjalani sidang perdana Sabtu (16/3/2019). 

Citizen Reporter,

Divisi Kajian Strategis & Advokasi Himapol Indonesia Korwil 3, Rozi Pararozi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kabar duka datang dari Selandia Baru. Kepolisian Selandia Baru menyatakan telah terjadi penembakan massal di dua masjid di Christchurch, Selandia Baru, pada Jumat waktu setempat.

Divisi Kajian Strategis & Advokasi Himapol Indonesia Korwil 3 menegaskan tindakan penyerangan yang menewaskan 49 orang tersebut sungguh tindakan tak beradab dan sangat bertentangan dengan nilai-nilai agama apapun dan nilai-nilai kemanusiaan.

Aksi penyerangan di tempat ibadah tersebut membuktikan bahwa radikalisme dan terorisme dapat terjadi dimana saja meskipun selandia baru merupakan negara yang relatif aman dari aksi teror.

Baca: Topik ILC TVOne Selasa 19 Maret 2019 Angkat OTT Romy, Muncul Tudingan ILC TVone Mulai Masuk Angin

Baca: Topik ILC TVOne Selasa 19 Maret 2019 Dinilai Tak Adil, Warganet Minta Revisi dan Rindu Rocky Gerung

Baca: Debat Maruf-Sandi: Siapa Pemenang? LIVE Fakta TVOne Senin (18/3) Malam Mulai Jam 20.00 WIB

Dengan adanya peristiwa tersebut, maka kewaspadaan terhadap ancaman terorisme harus lebih ditingkatkan, mengingat aksi tersebut telah menimbulkan korban jiwa yang tak sedikit.

Maka, sebagai bentuk rasa solidaritas kemanusiaan, Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Indonesia Koordinator Wilayah 3 mengambil sikap sebagai berikut:

1. Menyampaikan duka cita yang sedalam-dalamnya atas tragedi penembakan di Masjid Al-Noor dan Lindwood, Christchurch, Selandia Baru yang telah menewaskan puluhan umat muslim

2. Mengutuk dan mengecam keras peristiwa penembakan tersebut yang sesunguhnya merupakan aksi pembantaian dan aksi teroris yang sangat biadab

3. Menolak segala bentuk aksi kekerasan yang di dasari atas kebencian baik karena perbedaan agama, suku, ras, dan golongan.

4. Mendesak Pemerintah Selandia Baru untuk mengusut tuntas motif peristiwa penembakan tersebut dan menjatuhkan hukuman maksimal terhadap pelaku.

Baca: PSG Vs Marseille: Tampil Menawan, Angel Di Maria Samai Rekor Messi saat Bawa PSG Menang 3-1

Baca: JADWAL Liga Champion 2019 Babak Perempat Final, Peluang Duel Messi dan Ronaldo di Final

Baca: Efek OTT Rommy, KPK Sita Uang Pecahan Rupiah dan Dollar AS dari Ruang Menag RI, Segini Besarannya

5. Mendorong Pemerintah Indonesia agar membangun hubungan diplomasi dengan dunia internasional untuk dapat melakukan tindakan kemanusiaan serta membantu pemulihan situasi dan kondisi yang aman dan kondusif.

6. Menghibau kepada seluruh umat muslim di indonesia untuk bersikap tenang dan tidak terprovokasi apalagi melakukan tindakan yang dapat memperkeruh suasana.

7. Menghimbau seluruh rakyat indonesia untuk menggalang solidaritas dan melakukan doa bersama untuk para korban dan keluarga agar diberi kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi tragedi kemanusiaan ini. (*)

Editor: Rizky Prabowo Rahino
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved