Lewat Viu Shorts 2019, Viu Angkat Film Pendek Legenda Lokal

Myra Suraryo mengatakan Viu Shorts merupakan sebuah ajang tahunan bagi para siswa menengah atas dan universitas

Lewat Viu Shorts 2019, Viu Angkat Film Pendek Legenda Lokal
TRIBUNPONTIANAK/Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Senior Vice President Marketing Viu Indonesia, Myra Suraryo (kiri) bersama Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang, Bujang Syukri (kanan) memberikan materi kepada peserta Viu Shorts 2019 Roadshow Singkawang. Kegiatan yang diikuti 26 peserta ini dilaksanakan di Aula Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang, Jalan Kridasana, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Minggu (17/3/2019). 

Lewat Viu Shorts 2019, Viu Angkat Film Pendek Legenda Lokal

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Layanan over-the-top (OTT) video streaming Viu bekerjasama dengan pemerintah daerah dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar Viu Shorts 2019 Roadshow Singkawang.

Kegiatan yang diikuti 26 peserta ini dilaksanakan di Aula Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang, Jalan Kridasana, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Minggu (17/3/2019).

Senior Vice President Marketing Viu Indonesia, Myra Suraryo mengatakan Viu Shorts merupakan sebuah ajang tahunan bagi para siswa menengah atas dan universitas di seluruh Indonesia.

"Ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat generasi muda Indonesia di bidang perfilman, yang berisikan kegiatan workshop dan bimbingan untuk menghasilkan karya produksi film pendek," katanya.

Kota Singkawang menjadi satu di antara dari 17 kota yang menjadi tujuan Roadshow untuk mengenalkan Viu Shorts 2019 setelah Aceh, Siak Indrapura, Kupang, Tanjung Pinang, Padang, Batam, Banyuwangi, Makassar, Manado, Maumere, Bojonegoro, Purbalingga, Banten/Cilegon, Labuan Bajo, Samarinda, dan Banjarmasin.

Baca: Gerakan Sekolah Batas Negeri Gelar Workshop Untuk Relawan yang Akan Berangkat ke Entikong

Baca: LIVE STREAMING: Sedang Berlangsung Debat Cawapres, Maruf Amin dan Sandiaga Uno Saling Adu Gagasan

Baca: VIDEO: Kebakaran Ruko dekat Markas TNI AL di Jeruju

Viu Shorts berlangsung selama 3 minggu di setiap kota yang dikelola oleh tim profesional dari Viu, termasuk producer film, penulis naskah, sutradara film, dan editor film.

Dimana mereka bertindak sebagai mentor yang membimbing siswa di setiap kota untuk mengadaptasi cerita-cerita lokal dan mengubahnya menjadi produksi sinematik, film pendek.

Workshop mencakup penggalian dan pengembangan ide cerita selama satu minggu, proses produksi film pendek selama satu minggu, dan offline editing selama satu minggu terakhir.

Keseluruhan proses produksi sejak penulisan ide cerita, proses shooting, sampai dengan offline editing, sepenuhnya dilakukan oleh peserta workshop di setiap kota, namun di bawah pengawasan penuh dari tim mentor Viu.

Tema tahun ini adalah Urban Legend atau Legenda Lokal. Pada April 2019, seluruh hasil karya film pendek, dengan durasi masing-masing 10 menit, dari seluruh kota akan ditayangkan pada saat bersamaan di platform Viu di Indonesia dan seluruh dunia di mana layanan Viu tersedia.

Satu orang siswa dari tim yang hasil karyanya berhasil mendapatkan jumlah penonton terbanyak dalam waktu satu bulan sejak ditayangkan di Viu, akan menerima beasiswa pendidikan sinematografi di Institut Kesenian Jakarta selama 4 tahun.

"Dan selama masa pendidikannya tersebut, ia akan mendapatkan kesempatan untuk bekerja paruh waktu secara profesional sebagai Asisten Executive Producer Viu Originals di Viu Indonesia selama satu tahun," tuturnya.

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved