Gerakan Anak Bangsa Menanam Serentak di Rasau Jaya

Ia mengatakan penanaman pohon ini akan menjadi agenda rutin dan resmi dari IKASKMA Kalbar.

Gerakan Anak Bangsa Menanam Serentak di Rasau Jaya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ TRY JULIANSYAH
Pengurus Daerah Ikatan Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (Pengda IKA SKMA) Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan kegiatan penanaman dalam rangkaian kegiatan Gerakan Anak Bangsa Menanam Serentak (GERBANG MAS), di Rasau Jaya, Sabtu (16/3).  

Gerakan Anak Bangsa Menanam Serentak di Rasau Jaya

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Sebagai Wujud Bakti Anak Bangsa terhadap Lingkungan dan Kehutanan serta dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan Tahun 2019.

Pengurus Daerah Ikatan Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (Pengda IKA SKMA) Kalbar  melaksanakan kegiatan penanaman dalam rangkaian kegiatan Gerakan Anak Bangsa Menanam Serentak (GERBANG MAS), Sabtu (16/3/2019).

Ketua Pengda IKASKMA Kalbar, Aripin mengatakan kegiatan penanaman tanaman kehutanan dan tanaman buah-buahan sebanyak kurang lebih 3.000 batang pada kiri kanan jalan Sekunder C sepanjang 5 km di Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kuburaya.

Baca: Muda Mahendrawan Ceritakan Masa Remajanya di Kegiatan Genre Ceria

Baca: Buka Manasik Haji, Ini Pesan Bupati Paolus Hadi

"Kegiatan penanaman pohon ini melibatkan alumni, dan masyarakat setempat, yang kita harapkan masyarakat inilah nantinya memelihara tanaman yang sudah di tanan. Kita juga melibatkan kementerian kehutanan dalam ini BPDASHL Kapuas yang menyediakan bibit," ujar Aripin.

Diakui olehnya kegiatan penanaman pohon tersebut tidak hanya dilaksanakan di Kalbar saja, namun serentak di seluruh Indonesia. 

"Untuk gerakan anak bangsa menanam serentak ini dialaksanakan di 33 provinsi oleh IKASKMA di 33 Pengda. kita berharap dengan menanam dapat memperbaiki lingkungan dan memotivasi masyarakat supaya sadar akan kelestarian lingkungan, selian itu dengan menaman pohon juga menambah rezeki," katanya.

Diakui olehnya dipilihnya Kubu Raya sebagai tempat penanaman pohon karena Kubu Raya yang masih banyak memiliki lahan Gambut. 

"Lahan gambut ini kalau kemarau biasanya terjadi kebakaran maka dengan pepohonan yang kita tanam diharapkan bisa mereduksi asap tersebut," tuturnya.

Ia mengatakan penanaman pohon ini akan menjadi agenda rutin dan resmi dari IKASKMA Kalbar. 

Baca: DPP Forsima PAI se-Indonesia Kecam Aksi Penembakan di Selandia Baru

"Ini akan menjadi agenda resmi kita selain agenda lainnya yang telah ada seperti 21 April nanti akan ada rawat bumi khusus mangrove. Dan saat ini sedang berjalan setiap Sabtu menyantuni anak-anak yatim di Pontianak dan Kubu Raya," pungkasnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved