Balai Taman Nasional Gunung Palung Persiapkan Pencegahan Karhutla

Diprediksi tahun 2019 itu akan mengalami kekeringan yang cukup ekstrim dari tahun-tahun sebelumnya. Jadi upaya-upaya telah kita lakukan

Balai Taman Nasional Gunung Palung Persiapkan Pencegahan Karhutla
TRIBUNPONTIANAK/Nur Imam Satria
Balai Taman Nasional Gunung Palung, bersama mitra kerja melaksanakan aksi penanaman seribu batang pohon dalam memperingati Hari Bhakti Rimbawan 2019 di Kawasan TNGP di Desa Laman Satong, Kecamatan MHU, Kabupaten Ketapang. Sabtu, (16/03). 

Balai Taman Nasional Gunung Palung Persiapkan Pencegahan Karhutla

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Dalam rangka mengatasi ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada tahun 2019 ini. Balai Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) juga telah mempersiapkan segala macam upaya persiapan dalam menghadapi ancaman tersebut.

Menurut Kepala Balai TNGP, M. Ari Wibawanto saat ditemui pada kegiatan memperingati Hari Bhakti Rimbawan tahun 2019, mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan persiapan dalam menghadapi ancaman Karhutla khususnya di wilayah sekitaran kawasan TNGP.

"Diprediksi tahun 2019 itu akan mengalami kekeringan yang cukup ekstrim dari tahun-tahun sebelumnya. Jadi upaya-upaya telah kita lakukan, kita sudah mempersiapkan peralatan, anggaran dana dan personil untuk kegiatan tersebut," sebut Ari seusai kegiatan penanaman seribu pohon memperingati Hari Bhakti Rimbawan 2019, Sabtu (16/03/2019).

Baca: LIVE STREAMING: Sedang Berlangsung Debat Cawapres, Maruf Amin dan Sandiaga Uno Saling Adu Gagasan

Baca: Kepala Balai TNGP: Kita Akan Berbaur Dengan Masyarakat Diluar Kawasan

Baca: VIDEO: Kebakaran Ruko dekat Markas TNI AL di Jeruju

Ari juga menyebutkan, bahwa pihaknya telah menerima pengadaan kendaraan untuk mengangkut air. Dan juga pihaknya sudah mempersiapkan peralatan dan para anggotanya juga telah diberikan pelatihan.

"Intinya yang kita lakukan ini adalah untuk melakukan pencegahan, jadi patroli sudah kita lakukan juga. Masyarakat sudah kita himbau untuk tidak melakukan pembakaran disekitar kawasan TNGP, supaya tidak merambat kedalam kawasan," ujarnya kembali.

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved