Pileg 2019

Penyelenggara Pemilu Harus Sigap Antisipasi Serangan Siber

Kita semua harus sigap terutama penyelenggara pemilu yang telah ditetapkan,

Penyelenggara Pemilu Harus Sigap Antisipasi Serangan Siber
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIDHOINO KRISTO SEBASTIANUS MELANO
Presidium Forum Komunikasi Mahasiswa Kota Singkawang, Santo Satriawan 

Penyelenggara Pemilu Harus Sigap Antisipasi Serangan Siber

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Ketua Forum Komunikasi Mahasiswa Kota Singkawang, Santo Satriawan mengatakan berbicara tentang potensi serangan siber, tentu berbicara tentang potensi serangan dalam pemanfaatan teknologi informasi.

Serangan ini bisa dilakukan dimana saja dan oleh siapa saja. "Kita semua harus sigap terutama penyelenggara pemilu yang telah ditetapkan," katanya, Jumat (15/3/2019).

Penyelenggara pemilu dan pengawas perlu membangun keamanan jaringan dan harus terus berkoordinasi kepada pihak-pihak terkait untuk mendeteksi dan menyelesaikan serangan siber.

Baca: Berli: Peresmian RSUD Kubu Raya Menunggu Intruksi Bupati

Baca: Bella Aryanti Jadikan Kejuaraan Panahan se Kalbar Sebagai Persiapan Pra PON

Jika telah terjadi serangan siber maka harus segera dilakukan mitigasi (mengurangi dampak_red) agar serangan tidak menjadi virus yang merusak psikologis rakyat yang telah menanamkan kepercayaan mereka pada penyelenggara pemilu.

Antisipasi yg harus dilakukan adalah mengamankan situs KPU dan berkoordinasi dengan pihak terkait seperti BIN, cyber crime Mabes Polri, Kominfo dan semua lembaga maupun personal yang bisa menyelesaikan ancaman serangan siber ini.

"Harapannya kepada masyarakat agar tetap tenang dan jangan panik, percayakan semuanya kepada penyelenggara pemilu hingga keputusan hasil akhir pemilu keluar dan ditetapkan," harapnya.

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved