Pedagang Musiman Sabtu-Minggu Wajib Kantongi Kartu Idenditas Pedagang Kreatif

Dua hari kami lakukan pendataan, Pekan depan sudah tidak boleh lagi berjualan di pinggir jalan, akan kami tertibkan

Pedagang Musiman Sabtu-Minggu Wajib Kantongi Kartu Idenditas Pedagang Kreatif
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Alipius 

Pedagang Musiman Sabtu-Minggu Wajib Kantongi Kartu Idenditas Pedagang Kreatif

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Camat Kapuas, Alipius menegaskan, Pedagang  musiman  yang berjualan pada Sabtu dan Minggu di sekitar Jl Gajah Mada dan Jl H Said, Kecamatan Kapuas, diwajibkan mengantongi Kartu Identitas Pedagang Kreatif yang dikeluarkan Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau melalui Camat Kapuas.

“Supaya kami tau berapa jumlah real pedagang musiman yang berjualan Sabtu dan Minggu itu. Kalau sudah dapat data itu tentunya akan mempermudah kami melakukan pembinaan kepada pedagang, ”kata Alipius, Jumat (15/3/2019).

Nanti, lanjut Camat, Pada Sabtu tanggal 16 Maret dan Minggu 17 Maret 2019 pagi, petugas dari Kecamatan Kapuas akan memulai melakukan pendataan kepada para pedagang musiman.

“Dua hari kami lakukan pendataan, Pekan depan sudah tidak boleh lagi berjualan di pinggir jalan, akan kami tertibkan,” tuturnya.

Baca: Data BPS, Ini Jumlah Pengangguran di Kayong Utara

Baca: Ikatan Konsultasi Pajak Indonesia Cabang Pontianak Gelar Konsultasi Pajak Gratis

Alipius menjelaskan, kebijakan tersebut diberlakukan agar mempermudah Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau melakukan pendataan dan pembinaan kepada para pedagang yang akan ditempatkan di Pasar Seroja di Jl Gajah Mada, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau.

Selain itu, lanjut Camat, dengan adanya kartu tersebut, dapat memberikan kepastian hukum bagi para pedagang. Selama mereka masih mau berjualan mereka bisa menempati lapak yang ada di Pasar Seroja yang sudah disiapkan Pemerintah.

Kemudian, kata Alipius, pedagang yang didata nantinya akan mendapatkan nomor kartu, bukan nomor lapak. “Jadi siapa yang datang awal silahkan tempati lapak yang ada, ”ujarnya.

Alipius menegaskan, Khusus pedagang musiman yang sudah mengantongi Kartu Identitas Pedagang Kreatif dan menempati Pasar Seroja, diwajibkan untuk mematuhi aturan.

Baca: Raih Penghargaan dari Gapensi, Ini Pesan-pesan Ria Norsan

“Pertama, pedagang wajib menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban. Kedua, pedagang tidak boleh meninggalkan barang dagangan di lokasi berjualan. Ketiga, pedagang dilarang membuang sampah sembarangan dan terakhir pedagang wajib menggunakan Kartu Identitas Pedagang Kreatif disaat berjualan, ”tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot menambahkan, Pasar Seroja dikhusukan untuk pedagang yang berjualan pada Sabtu dan Minggu.

“Jadi pedagang yang dari kampung berjualan disana (Pasar Seroja). Setelah Sabtu dan Minggu mungkin nanti seperti apa formulasinya, nanti kita lihat lagi disana, ”katanya.

Nantinya, lanjut Ontot pedagang yang berjualan disana (Pasar Seroja) akan didata. Kita inikan, kata Ontot, melokalisir orang supaya bisa menjadi daya tarik wisata Pasar dan Kuliner.

“Antara Pemerintah dan masyarakat ini harus mendukung, supaya bisa berjalan dengan baik, ”pungkasnya.

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved