Pilpres 2019

Kedatangan Prabowo Subianto Dinilai Pengamat Bisa Mempertebal Kalkulasi Elektoral

Pengamat Politik Kalbar Ireng Maulana mengatakan kedatangan Capres nomor urut 02 ke Kalimantan Barat diyakini oleh Badan Pemenangan

Kedatangan Prabowo Subianto Dinilai Pengamat Bisa Mempertebal Kalkulasi Elektoral
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/M WAWAN GUNAWAN
Pengamat Politik Untan Ireng Maulana menilai perolehan suara partai golkar 

Kedatangan Prabowo Subianto Dinilai Pengamat Bisa Mempertebal Kalkulasi Elektoral

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pengamat Politik Kalbar Ireng Maulana mengatakan kedatangan Capres nomor urut 02 ke Kalimantan Barat diyakini oleh Badan Pemenangan Daerah Prabowo-Sandi dapat memberikan efek elektroral.

Maka mereka harus memastikan konsolidasi suara pemilih paska pertemuan Prabowo bersama pendukungnya tetap solid dan terjaga, karena H-30 menjelang pemilihan memori publik pemilih akan terus menerus di intervensi oleh berbagai macam narasi yang dapat merubah keberpihakan pemilih.

Lebih daripada itu, walaupun jumlah pemilih di Kalimantan Barat tidak sebesar jika dibandingkan dengan jumlah suara yang berasal dari tiga Jawa: Barat, Tengah, dan Timur atau jumlah suara dari Jakarta dan Sumatera Barat serta Banten, namun 3 juta lebih potensi pemilih layak diperhitungkan untuk mempertebal
Kalkulasi elektoral.

Baca: Bertandang ke Kalbar, AHY Bawa Dua Agenda Besar

Baca: Kalbar 24 Jam - Penyelundupan Sabu 100 Kg, Penganiayaan dengan Sajam,Hingga Mobil Dinkes Masuk Parit

Baca: Setelah Prabowo, AHY Senin Dijadwalkan Bertandang ke Kalbar

Tentu saja kehadiran Prabowo di Kalimantan Barat selain sebagai momentum mengikat pendukungnya, juga barangkali akan dimanfaatkan untuk memperkuat konsolidasi tim pemenangan di daerah.

Untuk kepentingan elektoral, ada baiknya badan pemenangan prabowo di Kalimantan Barat melihat kembali riwayat pemilihan sebagai catatan yang mungkin berguna di hari-hari menjelang pemilu 2019, selain kegembiraan menyambut kedatangan Prabowo.

Data Pilpres 2014 menunjukkan bahwa perolehan suara Jokowi di Kalimantan Barat sebesar 1.557.840, unggul lebih dari 500.000 suara daripada Prabowo.

Dari 14 Kabupaten-Kota, keunggulan perolehan suara merata di 11 Kabupaten-Kota (Sambas, Sanggau,Ketapang, Sintang, Kapuas Hulu, Bengkayang, Landak, Sekadau, Melawi, Kayong Utara, Singkawang).

Sedangkan Prabowo dapat unggul di tiga Kabupaten-Kota (Pontianak, Mempawah, Kubu Raya). Berdasarkan referensi ini, Jokowi memiliki investasi suara di 11 Kabupaten-Kota di Kalimantan Barat.

Sehingga, kerja keras badan pemenangan Prabowo-Sandi menjadi keharusan. Dengan kepentingan untuk mengejar ketidakunggulan perolehan suara di kabupaten yang di kuasai Jokowi di pilpres 2014.

Baca: Kedatangan Prabowo Minggu Ini Diyakini Tingkatkan Elektabilitas

Baca: Aisyiyah Laksanakan Diskusi Pendidikan Politik di Desa Setalik

Baca: Edi Kamtono Berencana Bangun Jembatan di Pelabuhan Feri

Halaman
12
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved