Berli: Peresmian RSUD Kubu Raya Menunggu Intruksi Bupati

Kalau tidak ada halangan tanggal 28 Maret akan diresmikan namun kita masih menunggu arahan dari bupati

Berli: Peresmian RSUD Kubu Raya Menunggu Intruksi Bupati
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ TRY JULIANSYAH
Pembangunan RSUD Kubu Raya telah Rampung di bangun di Rasau Jaya, Jumat (15/3), dimana peresmian direncanakan 28 Maret mendatang. 

Berli: Peresmian RSUD Kubu Raya Menunggu Intruksi Bupati

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kubu Raya, di Rasau Jaya telah rampung dibangun.

Kepala dinas kesehatan Kubu Raya, Berli Hamdani mengatakan jika tidak ada halangan peresmian RSUD Kubu Raya akan dilaksanakan 28 Maret mendatang. 

"Kalau tidak ada halangan tanggal 28 Maret akan diresmikan namun kita masih menunggu arahan dari bupati," ujar Berli Hamdani, Jumat (15/3/2019).

Berli mengatakan untuk bangunan sudah selesai semuanya namun ia mengaku masih mencari solusi untuk pemenuhan tenaga media di RSUD tersebut. 

"Sekarang kita masih mencari mekanisme yang tepat untuk memenuhi tenaga kesehatan di rumah sakit tersebut. Karena sekarang ini tidak boleh lagi mengangkat tenaga honorer sehingga kita harus mencari mekanisme yang yang tidak melanggar aturan," ungkapnya. 

Baca: Tanggapi Aksi Guru Honorer, Sutarmidji: Pemprov Tak Menahan Proses Pencairan Gaji Honor Daerah

Baca: Duka Selimuti Louis Tomlinson ONE Direction, Sang Adik Meninggal Dunia, Postingannya Bikin Sedih

Namun diakuinya untuk saat ini dengan jumlah tenaga kesehatan yang ada telah memenuhi semua pelayan yang dibutuhkan Rumah Sakit bertipe D. Walaupun tidak ia pungkiri secara jumlah masih mengalami kekurangan untuk tenaga kesehatan tersebut. 

"Saat ini jumlah tenaga kesehatan yang ada baru 22 orang itu sudah ada dokter umum, spesialis, bidan, analis, perawat dan tenaga medis lainnya. Namun tentu dari jumlah masih kurang karena untuk bidan saja minimal itu 27 orang untuk rumah sakit bertipe D," ungkapnya. 

RSUD Kubu Raya tersebut diakuinya akan dilengkapi dengan fasilitas Rongen, Ruang Operasi, Psikoterapi dan fasilitas lainnya. 

"Untuk dokter umum itu ada tiga, kemudian dua dokter Gigi dan empat lagi dokter spesialis. Termasuk spesialis anak dan penyakit dalam," katanya.
  
Ia berharap dengan beroperasinya RSUD Kubu Raya ini secara tak langsung bisa mengoptimalkan layanan kesehatan bagi masyarakat Kubu Raya. 

Baca: Tim Wasev TMMD Kodim 1204/Sanggau Gelar Tatap Muka Bersama Komponen Masyarakat

"Saya yakin dengan dukungan dan kerjasama yang baik secara bertahap tidak menutup kemungkinan tipe rumah sakit ini juga bisa naik tingkat," pungkasnya.

Status lahan : pinjam pakai seluas, 6,3 hektare, yang akan kita gunakan, 200 meter dari panjang 1000 meter X 62 meter. 30 meter untuk ke tepi sungai untuk dermaga.

Fasilitas : 23 ruangan, 50 tempat tidur, untuk rawat inap, IGD, rawat jalan, poliklinik, dapur, perkantoran, fasilitas lainnya.

Perencanaan Tenaga Kesahatan :
Dokter Umum - 3 Orang
Dokter Spesialis - 4 orang (Anak, Penyakit Dalam, Gigi dan Bedah).
Bidan - 27 orang
Perawat - 36 orang
Tenaga kesehatan lain - Analis, Psioterapi dan Apoteker

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved