Citizen Reporter

Buka Lomba Desa di Kecamatan Belitang, Ini Pesan Wabup Aloysius 

Hal ini perlu dukungan dan kerjasama sama segala bidang dalam pembangunan desa,

Buka Lomba Desa di Kecamatan Belitang, Ini Pesan Wabup Aloysius 
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Wakil Bupati Sekadau Aloysius membuka  rangkaian penilaian lomba desa tingkat kabupaten 2019, yang mana Desa Nanga Ansar Kecamatan Belitang menjadi Desa yang pertama di nilai, Selasa (12/3). 

Citizen Reporter
Humas Pemkab Sekadau, Dudun

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Wakil Bupati Sekadau Aloysius membuka  rangkaian penilaian lomba desa tingkat kabupaten 2019, yang mana Desa Nanga Ansar Kecamatan Belitang menjadi Desa yang pertama di nilai, Selasa (12/3/2019).

Dalam sambutannya, Wabup Aloysius mengatakan bawah lomba desa ini merupakan amanat dari peraturan menteri dalam negeri Indonesia no 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan. Disampaikan juga desa yang di ikut sertakan dalam perlombaan ini merupakan desa yang cepat berkembang.

"Perkembangan sebuah desa di ketahui dengan  evaluasi secara berjenjang di dasarkan atas data dengan mengunakan instrumen pemantau data dasar, pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatnnya," ujar Aloysius. 

Baca: Kapolda Minta Kesuksesan Pilkada Kalbar Bisa Diulangi Pada Pemilu 2019

Baca: TRIBUN WIKI: Alamat Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas

Penilaian lomba desa tersebut, kata Aloy, mengandung makna tersendiri, karena dapat memberikan motivasi dan memacu semangat bagi perangkat desa, lembaga-lembaga desa dan masyarakat untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dengan membangun fisik desa dan membenahi administrasi pemerintahan desa yang termasuk juga PKKnya.

"Yang terpenting dalam kegiatan ini bagaimana menjadikan desa lebih berkembang serta  program program desa dapat dirasakan bermanfaatnya bagi pemerintah desa dan masyarakat," kata Aloy. 

Kepala Desa Nanga Ansar Abbaku menyampaikan, saat ini penduduk berjumlah 2298 jiwa, dengan pekerjaan mayoritas sebagai petani dengan luas wilayah 8300 km2, dengan berbatasan langsung dengan kecamatan ketungau ,Sintang pada bagian timurnya. 

Tujuan keberadaan Desa Nanga Ansar dalam menjalankan roda pemerintahan pembanguan dan kemasyarakatan tiadalain untuk Mensinergikan seluruh kegiatan, baik dari unsur masyakat maupun dari pemerintah kecamatan dan kabupaten. 

"Hal ini perlu dukungan dan kerjasama sama segala bidang dalam pembangunan desa," ujarnya. 

Baca: VIDEO: Jumlah Penyalahguna Narkoba di Kalbar Menurut Wakil Wali Kota Bahasan

Di sampaikan juga pada bidang partisipasi masyarakat cukup baik, hal ini berdasarkan bahwa masyarakat desa Nanga Ansar masih mengunakan prinsip gotong royong yang dapat dilihat dalam setiap kegiatan pembangun desa,  dengan adanya lomba desa tahun 2019 tingkat kabupaten.

Ia berharap, Desa Nanga Ansar menjadi  memicu pemerintah desa dan masyarakat untuk  lebih meningkatkan pembanguan di segala bidang, 

"Dengan bergotong-royong semoga pada kesempatan ini kita mendapatkan nilai terbaik," harap Abbaku.

Sementara itu, Camat Belitang Saut Parulian, menyampaikan melalui kegiatan ini aparatur pemerintah desa dapat menilai sejauh mana kinerja yang telah dilakukan selama ini  baik dalam pengadministasian maupun pelayanan terhadap masyarakat sehingga dapat di tingkatkan perkembangan desa.

"Dengan perlombaan ini kita dapat mengali potensi desa serta memperoleh masukan dan saran untuk perkembangan desa yang akan datang," ujar Saut.

Hadir pada kegiatan Wakil Ketua PKK, Staf Ahli, Kadis Pemdes  Camat Belitang, Kapolsek Belitang, Danramil Belitang dan Tim penilai Kabupaten. (*

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved