Pileg 2019

Bawaslu Janji akan Lakukan Penertiban Alat Peraga Kampanye

"Kita melakukan sama semua peserta pemilu baik pileg maupun pilpres, sesuatu yang melanggar tetap kita tindak

Bawaslu Janji akan Lakukan Penertiban Alat Peraga Kampanye
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Ridho Panji Pradana
Kordiv PHL Bawaslu Kalbar, Faisal Riza 

Bawaslu Janji akan Lakukan Penertiban Alat Peraga Kampanye

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kordiv Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kalbar, Faisal Riza menerangkan jika pihaknya akan kembali melakukan penertiban.

"Kita sudah melakukan penertiban sekian kali dan terus setelah ditertibkan ada yang memasang lagi, dan sekarang kita mapping lagi," kata Faisal, Rabu (13/03/2019).

Mapping, lanjutnya, tujuannya ialah agar mengetahui APKnya memenuhi unsur. Selain itu, jika pun APK, agar diketahui melanggar ataupun tidak.

"Sehingga ketika bergerak dilakukan penertiban, kita sudah tahu, karena ada prosedur melalui surat edaran Bawaslu RI bahwa setelah dilakukan mapping dan dikaji diketahui melanggar, maka disampaikan ke peserta pemilu untuk menurunkan," tuturnya.

Baca: Prediksi BMKG, Nanti Malam Cuaca di Kapuas Hulu Cerah Berawan

Baca: Cahya Purnawan: Kecelakaan Lalu Lintas Dominan di Putussibau Selatan

Baca: Syah Jadi Istri Reino Barack, Pedangdut Lia Ladysta Bocorkan Hubungan Syahrini dan Pak Haji

Jika dalam waktu tiga hari tidak diturunkan, kata dia, Bawaslu bersama instansi terkait akan melakukan penertiban.

"Sekarang ini Bawaslu Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya sedang melakukan mapping, tadi saya juga barusan telepon terkait dengan baliho yang diduga tidak sesuai aturan, sudah diidentifikasi," jelasnya.

"Jadi APK ini sedang di mapping Panwascam dan Bawaslu Kabupaten Kota, khususnya Pontianak dan Kubu Raya," timpal Faisal.

Lebih lanjut, Mantan Ketua KPID Kalbar ini menerangkan jika pihaknya Bawaslu akan tetap bersikap adil dalam penertiban APK.

"Kita melakukan sama semua peserta pemilu baik pileg maupun pilpres, sesuatu yang melanggar tetap kita tindak. Meskipun memang kita akan lihat kajiannya, ada unsur citra diri didalamnya, APK unsurnya adalah program, visi misi dan citra diri. Jadi tidak benar misalnya Bawaslu memilih-milih mana yang diturunkan, mana yang tidak," pungkasnya.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved