Apa Sih Sindikat Milenial Itu, Simak ulasannya Disini!

Gusty Enda bercerita kalau Sindikat Milenial adalah gerakan kolektif anak muda bersama kelompok dan jejaringnya dalam mengelola sebuah mimpi

Apa Sih Sindikat Milenial Itu, Simak ulasannya Disini!
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Komunitas Sindikat Milenial 

Apa Sih Sindikat Milenial Itu, Simak ulasannya Disini!

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK- Buat kawan-kawan di Pontianak, mungkin penasaran apa sih Sindikat Milenial! itu?

Kepada Tribun, Gusty Enda bercerita kalau Sindikat Milenial adalah gerakan kolektif anak muda bersama kelompok dan jejaringnya dalam mengelola sebuah mimpi dan harapan anak muda di Kota Pontianak sebagai kelas belajar, ruang bermain, praktik dan laboratorium bersama.

Gerak ini konsen pada pengembangan Seni Rupa Kontemporer, Musik, Videografi dan Fotografi yang beririsan dengan disiplin ilmu lainnya secara kritis dan kontekstual.

Tujuannya untuk mewujudkan keberlangsungan kolektif yang mempunyai gagasan, dan nilai-nilai kemanusiaan.

Sindikat Milenial terbentuk pada awal Mei 2017.

Baca: Dibentuk Sejak Mei 2017, Sindikat Milenial Punya Beragam Kegiatan Berikut!

Baca: Cara Para Pemilik Zodiak Mengungkapkan Ketidaksabaran, Mana yang Paling Unik?

Baca: TERPOPULER - Tinju Dunia Yordenis Ugas Vs Shawn Porter, MotoGP Qatar 2019,Hingga Piala Presiden 2019

Diawali dengan kepulang Gusti dari proses belajar selama beberapa tahun di Jogja, lalu membangun komunikasi dan menghimpun suara-suara atas keresahan teman-teman seniman dan pelaku kreatif di Pontianak.

“Yang ada hanya kegelisahan akan ruang pameran, panggung pertunjukan yang kurang layak dan tidak dapat diakses dengan mudah, hingga sulitnya menggiring apresiasi publik dan terlalu banyak seniman muda yang bergerak sendiri-sendiri,” ungkap Gusty.

Sejak saat itu lahirlah inisiatif-inisiatif kecil untuk melakukan sebuah gerakan bersama yang menjadi titik awal terbentuknya Sindikat Milenial!.

Didukung dengan semangat untuk bisa diapresiasi dan membuktikan potensi seniman muda Pontianak layak bersaing di kancah medan seni Indonesia.

Dengan inisiatif tersebut, Hendi Gusnadi, sebagai rekan Gusty yang mengawali langkah pergerakan kolektif ini, lalu tumbuh dan didukung oleh beberapa kesamaan tujuan dari Luin Prasetyo, Perdana Nandi Putra, Gina Vastifayi dan inisiatif-inisiatif lain dari teman-teman yang mempunyai kesamaan dalam praktik berkeseniannya.

Sindikat Milenial! Juga sangat terbuka untuk siapa saja yang ingin terlibat dalam wadah proses belajar bersama, serta praktik kesenian dengan metode-metode laboratorium seni yang mereka kuasai sebagai latar belakang keilmuan yang masing-masing punyai.

Secara struktur keanggotaan, sindikat milenial! berjalan secara organik tanpa dilandasi dengan struktur yang baku.

“Mengalir aja, atas kesepakatan sebuah forum yang dilandasi dengan persetujuan dari masing-masing inisiatif didalamnya,” kata Gusty.

Sindikat milenial! Juga terbiasa dengan kerja-kerja elaborasi dengan komunitas atau individu, menjadikan kolektif ini sebagai wadah yang banyak memfasilitasi keinginan akan praktik-praktik kesenian.

Penulis: Bella
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved