Pengaruh Ekonomi Global, Perang Dagang AS dan Cina Pengaruhi Investasi PMDN dan PMA

Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Barat memberikan publikasi

Pengaruh Ekonomi Global, Perang Dagang AS dan Cina Pengaruhi Investasi PMDN dan PMA
TRIBUN PONTIANAK / ANESH VIDUKA
Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Kredit (CU) Pancur Kasih tahun buku 2016 di Function Hall Hotel Kapuas Palace, Pontianak, Kalimanmtan Barat, Senin (27/2/2017). RAT kali ini mengangkat tema Meningkatkan Kualitas Anggota Melalui Pelayanan Yang Prima Untuk Menghadapi Tantangan Ekonomi Global. 

Pengaruh Ekonomi Global, Perang Dagang AS dan Cina Pengaruhi Investasi PMDN dan PMA

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Barat memberikan publikasi data dan realisasi realisasi Penanaman Modal Siaran Pers BKPM RI tanggal 30 Januari 2019, Jumat (8/3/2019).

Kepala dinas DPMPTSP Provinsi Kalbar, Drs. Junaidi, MM mempublikasikan data realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) periode Januari Desember Tahun 2018 yang mencapai angka sebesar Rp 13.18 Triliun, dimana mengalami penurunan sebesar 33.98% apabila dibandingkan dengan periode yang sama Tahun 2017 (Rp. 19.97 Triliun).

"Terjadinya penurunan realisasi investasi Tahun 2018, antara lain disebabkan oleh faktor implementasi kebijakan disamping adanya hambatan dari faktor eksternal seperti pengaruh ekonomi global, adanya perang dagang AS dan Cina serta fluktuasi nilai tukar Dollar US terhadap mata uang regional," ujarnya.

Baca: Pentingnya Belajar Bahasa Inggris dan Tips Membuat Essai

Baca: Sandiaga Uno Janji Hapus Pajak untuk Penulis, Percetakan, dan Penerbit Buku

Baca: Danlantamal XII Pontianak Terima Kunjungan Kepala Wilayah Bank Rakyat Indonesia Jakarta 3

Lanjutnya, penyelenggaraan pelayanan perizinan yang dilaksanakan melalui Online Single Submission (OSS) sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik juga masih ditemui kendala seperti pelaku usaha masih beradaptasi dengan aplikasi Online Single Submission (OSS), Pemerintah Daerah masih menyiapkan infrastruktur (sistem informas/aplikasi) pendukung pelayanan melalui Online Single Submission (OSS).

Apabila dicermati, katanya, bahwa pendukung utama dalam realisasi investasi di Kalimantan Barat adalah sektor perkebunan kelapa sawit, yang pada kenyataannya telah dilakukan moratorium oleh Pemerintah sesuai dengan lnstruksi Presiden RI Nomor 8 Tahun 2018 tentang Penundaan dan Evaluasi Perizinan Perkebunan Kelapa Sawit serta Peningkatan Produktivitas Perkebunan Kelapa Sawit.

"Proyek-proyek Strategis Nasional yang ada di wilayah Kalimantan Barat secara bertahap juga sudah mulai dilaksanakan di tahun-tahun sebelumnya. sehingga tambahan realisasi investasinya tidak terlalu besat pada tahun 2018," paparnya.

"Selama periode Januari Desember Tahun 2018, realisasi PMDN (Rp 6.59 Triliun) turun 46,76% dibanding periode yang sama tahun 2017 (Rp 12.38 Triliun), dan PMA (Rp 6.59 Triliun) turun 13.46% dibanding periode yang sama pada tahun 2017 (Rp 7,59 Triliun).

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved