2019 Seluruh Daerah Miliki RSUD, Diskes Kalbar akan Tetapkan RSUD Sebagai Rujukan Regional

Tahun lalu Kayong Utara juga sudah diresmikan, dan dalam waktu dekat RSUD Kubu Raya akan resmi di operasikan

2019 Seluruh Daerah Miliki RSUD, Diskes Kalbar akan Tetapkan RSUD Sebagai Rujukan Regional
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FILE
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar drg Harry Agung Tjahyadi. 

2019 Seluruh Daerah Miliki RSUD, Diskes Kalbar akan Tetapkan RSUD Sebagai Rujukan Regional

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar Harry Agung Tjahyadi menuturkan bahwa keberadaan rumah sakit di Kabupaten/Kota merupakan pelayanan rujukan, dalam waktu dekat RSUD Kubu Raya akan segera di resmikan, artinya seluruh Kabupaten/Kota di Kalbar telah memiliki RSUD.

"Sebelumnya ada dua Kabupaten yang belum ada RSUD karena baru menjadi daerah pemekaran, yakni Kayong Utara dan Kubu Raya. Tahun lalu Kayong Utara juga sudah diresmikan, dan dalam waktu dekat RSUD Kubu Raya akan resmi di operasikan," ujarnya.

Ia juga menjelaskan meskipun masih sebagai rumah sakit pratama, jumlah ketenagaan yang akan memberikan pelayanan di RSUD Kubu Raya sudah mulai mencukupi.

Baca: Kasus Asusila oleh Diduga Dilakukan Seorang WNA Berakhir Damai

"Empat dokter spesialis sudah punya, sehingga untuk menyelenggarakan pelayanan dasar sudah bisa. Sehingga pelan-pelan nanti didorong untuk menjadi rumah sakit type C," ujarnya.

Ia memparkan pada tahun 2019 ini seluruh Kabupaten/Kota memiliki rumah sakit rujukan, langkah selanjutnya nanti akan ditetapkan Rumah sakit rujukan regional.

Rumah sakit yang ditetapkan sebagai Rumah sakit regional nantinya akan mendapatkan peran untuk mengampu rumah sakit kabupaten yang berada disekitarnya.

Baca: Ria Norsan Janji Penuhi Panggilan Bawaslu untuk Beri Klarifikasi

Baca: VIDEO: Sat Pol PP Bongkar Lapak Pedagang di Pasar Jalan Nusa Indah 2 Pontianak

"Beberapa di antaranya yang menjadi Rumah sakit regional di antaranya Rumah Sakit Sintang, Rumah Sakit Sanggau, Rumah Sakit Ketapang, dan rumah sakit regional singkawang serta RSUD Soedaso," ujarnya.

Kendati demikian, konsekuensi jika Rumah Sakit tersebut menjadi rujukan regional. Type rumah sakit tersebut harus didorang menjadi rumah sakit type B.

"Dari rumah sakit tersebut baru rumah sakit singkawang yang type B, sementara yang lainya masih type C. Oleh karena itu secara bertahap rumah sakit tersebut akan menuju type B," paparnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved