Punya Sensor Kamera Smartphone Canggih, Ini Penyebab Produk Ponsel Sony Loyo

Meski kami satu perusahaan, kadang masih ada batasan di mana Alpha enggan memberikan divisi mobile beberapa hal

Punya Sensor Kamera Smartphone Canggih, Ini Penyebab Produk Ponsel Sony Loyo
(Winfuture.de)
Bocoran spesifikasi Xperia L3. 

Punya Sensor Kamera Smartphone Canggih, Ini Penyebab Produk Ponsel Sony Loyo 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Sony selama ini dikenal sebagai pemain penting di industri smartphone. Tapi yang paling beken justru bukan ponselnya, melainkan komponen sensor gambar untuk kamera smartphone.

Sensor kamera bikinan Sony memang terkenal bagus kualitasnya dan dipakai oleh para pabrikan besar, mulai dari Samsung, Xiaomi, hingga Apple. Brandsensor gambar "IMX"  Sony pun menjadi kebanggaan dan diumbar para vendor dalam mempromosikan produknya.

Ironisnya, meski punya produk sensor gambar canggih, kamera di ponsel Sony sendiri justru loyo dan cenderung minim inovasi. Ada apa gerangan? Seorang eksekutif Sony belakangan mengungkap alasannya.

Baca: Koalisi Masyarakat Sipil Minta Polisi Hentikan Proses Penyidikan Terhadap Robertus Robet

Rupanya ketertinggalan Sony dipicu masalah internal, yakni persaingan antara divisi mobile (Xperia) dan divisi kamera mirrorless (Alpha). Setidaknya begitu yang diumbar sang eksekutif, Senior Manager of Global Marketing Sony, Adam Marsh.

“Meski kami satu perusahaan, kadang masih ada batasan di mana Alpha enggan memberikan divisi mobile beberapa hal,” kata Marsh.

Menyadari hal ini, Sony pun mengambil langkah solutif. Kimio Maki yang sebelumnya merupakan kepala divisi Alpha, belakangan dipindahkan ke Xperia.

Menurut Marsh, Kimio Maki ke depannya bakal mengusung pendekatan produksi yang kolaboratif antar-divisi. Bukan cuma antara Xperia dan Alpha, tetapi juga divisi kamera digital dan profesional CyberShot.

“Masing-masing bisa merasakan dan memanfaatkan teknologi lintas divisi Cybershot, Alpha, dan Xperia,” Marsh menuturkan.

Hal ini mengindikasikan bisa saja fitur-fitur software yang ada di kamera Alpha dan Cybershot akan lebih mudah ditemukan di lini ponsel Xperia, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (6/3/2019), dari AndroidAuthority.

Marsh juga menambahkan bahwa smartphone buatan Sony tak bakal dan tak bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat arus utama. Hanya orang-orang tertentu yang bakal memilih Sony.

“Kami bukan Samsung, kami bukan Huawei. Namun, Sony akan menarik perhatian orang-orang yang ingin produk berkualitas dalam hal tangkapan foto dan video,” pungkasnya. (*)

Artikel ini telah terbit di kompas.com dengan judul Punya Sensor Canggih, Kenapa Kamera Ponsel Sony Loyo?

Tags
Sony
Editor: Rihard Nelson Silaban
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved