Jadikan Sungai Kapuas Wajah Terdepan Kota, Edi Minta Bangunan Hadap Sungai

“Saya yakin pemilik bangunan ruko-ruko itu harus mendukung. Nanti bangunannya harus menghadap ke sungai, tidak hanya menghadap ke Jalan ...

Jadikan Sungai Kapuas Wajah Terdepan Kota, Edi Minta Bangunan Hadap Sungai
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / MASKARTINI
Pengunjung menikmati pemandangan tepian Sungai Kapuas menggunakan Kapal Wisata Hangtuah. PHRI-Damri dalam waktu dekat akan meluncurkan paket city tour menyusuri Sungai Kapuas 

Jadikan Sungai Kapuas Wajah Terdepan Kota, Edi Minta Bangunan Hadap Sungai

Citizen Reporter Humas Pemkot Pontianak, Jimmy Ibrahim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak berencana mengalokasikan anggaran untuk promenade atau penataan jalan paralel dari Kapuas Indah hingga ke Pelabuhan Seng Hie.

Penataan ini untuk menjadikan Sungai Kapuas sebagai wajah terdepan Kota Pontianak di mana bangunan-bangunan tersebut menghadap ke sungai.

Bangunan-bangunan di sepanjang sungai akan dipotong dengan menerapkan Garis Sempadan Sungai (GSS).

“Saya yakin pemilik bangunan ruko-ruko itu harus mendukung. Nanti bangunannya harus menghadap ke sungai, tidak hanya menghadap ke Jalan Sultan Muhammad,” ujar Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono usai pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Pontianak Tahun 2020 di Hotel Grand Mahkota, Senin (4/3/2019).

Baca: TERPOPULER - Postingan Sutarmidji, Mahfud MD Soal Larangan Sebut Kafir, Hingga Foto Andi Arief

Baca: Catat Rekor Langka di Chelsea, Eden Hazard Samai Lampard dan Drogba

Baca: RAMALAN ZODIAK Selasa (5/3), Aquarius Bimbang, Kamu Menyukai Tantangan Teka-teki Hari Ini Cancer!

Terkait Musrenbang RKPD, Edi menyebut pembahasan ini untuk program tahun 2020 ke depan.

Tahun ini, kata dia, perencanaan lebih banyak pada infrastruktur, yang berkaitan dengan pelebaran jalan, trotoar, persimpangan, pasar, waterfront, bangunan Kapuas Indah, rumah sakit di Pontianak Utara.

“Sehingga di tahun 2020 kita anggarkan dan langsung lelang fisik,” tutur dia.

Pihaknya juga akan melakukan pembenahan dan merapikan sejumlah ruas jalan. Seperti salah satunya di Jalan Ahmad Yani, kata Edi, trotoarnya akan diperlebar sekitar 6 meter.

Dengan adanya pelebaran trotoar itu, pagar-pagar yang terkena dampak pembangunan harus dimundurkan supaya ada space. Sementara untuk jalannya akan diperlebar semaksimal mungkin dan akan lebih baik lagi bila bisa selebar 12 meter.

Trotoarnya juga dibangun yang humanis dan representatif, yang berkarakter taman sehingga masyarakat bisa menikmatinya dengan lampu-lampu hias. “Kita sudah harus mengarah ke kota yang cantik,” ungkapnya.

Penulis: Syahroni
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved