Motor Matic Ngadat, Ini Penyebabnya

Merawat sepeda motor menjadi hal penting untuk memberikan rasa nyaman saat berkendara bahkan bisa menjaga keawetan motor itu sendiri

Motor Matic Ngadat, Ini Penyebabnya
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Seorang mekanik melakukan perbaikan pada beberapa part sepeda motor di bengkel JS Modify Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (2/3/2019). 

Motor Matic Ngadat, Ini Penyebabnya

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Merawat sepeda motor menjadi hal penting untuk memberikan rasa nyaman saat berkendara bahkan bisa menjaga keawetan motor itu sendiri, khusunya motor matic, motor yang banyak diminati masyarakat saat ini.

Satu di antara kendala yang sering terjadi pada motor matic adalah motor tiba-tiba ngadat, seperti kehabisan bahan bakar, yang mengakibatkan akselerasinya berkurang, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Satu di antara mekanik senior di kota Pontianak, Toegimin Fudjiarto membagikan tips perawatan motor matic, khususnya yang sering terjadi adalah motor ngadat.

Baca: Coffee Station Aston Pontianak Hotel, Kini Hadir Untuk Anak-anak

Baca: Dipromosikan Jadi Kapten, Awal Terbongkarnya Pilot Gadungan yang Terbangkan Pesawat Selama 20 Tahun

Baca: LIVE STREAMING Persib Bandung Vs PS Tira Persikabo, Laga Perdana Piala Presiden 2019: Live Indosiar

"Kalau motor matic ngadat kendalanya banyak juga, bisa juga dipengaruhi kondisi saringan udara kotor, kalau kotor mesti dibersihkan, atau sudah tidak layak dipakai mesti diganti, kemudian bisa pengaruh dari minyak, minyak itukan melalui karburator,andaikata kalau ada kotoran atau ada air yang tercampur dalam bahan bakar itulah yang buat motor ngadat, kalau udah seperti itu mesti dikuras minyaknya," Ujar pria yang akrab disapa Pak Cung itu.

Motor ngadat bahkan bisa mogok akibat saringan udara kotor dan bahan bakar bercampur air itu karena penguapannya tidak sempurna.

"Kemudian kalau matic itu karburatornya pakai karet vakum, kadang karet vakumnya itu sudah getas jadi dia gak main, itu juga bisa menyebakan motor ngadat," Jelas Pak Cung.

Ia menganjurkan untuk menjaga peforma motor karburatornya mesti rutin dibersihkan, atau lakukan servis berkala.

"Kemudian busi, biasanya ada oli yang naik ke permukaan busi, ini bisa disebabkan ring piston sudah haus,makanya motor mengeluarkan asap, itu sering berpengaruh ke busi, jadi kalau oli udah masuk ke busi ring piston mesti di cek, andaikata piston masih bagus ganti ring nya aja, tapi sekarang kalau udah masalahnya seperti itu orang langsung ganti semua ring pistonnya," Katanya.

Penulis: Anesh Viduka
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved