Bisnis Waralaba Belum Terapkan Plastik Berbayar di Pontianak

Diterapkan nya Kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG) oleh Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) per 1 Maret

Bisnis Waralaba Belum Terapkan Plastik Berbayar di Pontianak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MAUDY ASRI GITA UTAMI
Satu diantara Kasir Mitra Mart yang belum di berlakukan untuk Kantong Plastik Berbayar. 

Bisnis Waralaba Belum Terapkan Plastik Berbayar di Pontianak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Diterapkan nya Kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG) oleh Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) per 1 Maret, ternyata masih belum banyak dilakukan oleh perusahaan waralaba dalam memberikan plastik untuk konsumennya, Jumat (1/3/2019).

Beberapa diantaranya adalah perusahaan waralaba terbesar di jalan Sultan Syarif Abdurahman Mitra Mart dan Indomaret yang masih belum menerapkan kebijakan tersebut.

Diakui satu diantara kasir Mitra Mart, bahwa mereka hanya menunggu pihak atasan. Akan tetapi ia mengatakan, sampai saat ini kebijakan itu masih belum berlaku bagi para konsumen yang berbelanja dengan tidak memungut biaya plastik.

Baca: Cetak Gol dan Bawa Timnas U-22 Juara Piala AFF 2019, Sani Rizki Dapat Kenaikan Pangkat Polri

Baca: FOTO: Galery UMKM Kota Pontianak di Jalan Sultan Abdurahman Pontianak

Baca: Ciptakan Pemilu Damai, Kanit Intelkan Polsek Mandor Gandeng Tokoh Adat

"Saat ini masih belum ada ditetapkan berbayar dari atasan kita, dan masih normal (gratis) untuk konsumen. Mungkin nanti jika sudah menyeluruh baru kita juga terapkan atau perintah dari atasan kita," ujarnya.

Kasir Mitra Mart juga mengatakan, jika konsumen meminta plastik lebih, maka akan dikenakan biaya tambahan. Yaitu untuk plastik ukuran kecil seharga Rp 1000, sedang Rp 2000 dan besar Rp 3000 namun penerapan plastik berbayar bagi konsumen masih belum berlaku.

Hal serupa juga dikatakan oleh kasih Indomaret, Fitri yang mengatakan saat ini penerapan plastik berbayar masih belum dilakukan oleh pihaknya.

"Plastik masih tetap gratis, untuk setiap konsumen dan belum berbayar," ucapnya.

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved