PHRI Siap Sukseskan Target 20 Juta Wisatawan Pada 2019

Tahun ini kami mendukung pemerintah dengan membuat program-program untuk meningkatkan okupansi di bidang hotel atau restauran.

PHRI Siap Sukseskan Target 20 Juta Wisatawan Pada 2019
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Wisatawan menyaksikan rangkaian acara Cap Go Meh di kawasan Vihara Tri Dharma Bumi Raya, kota Singkawang, Kalimantan Barat, Minggu (17/2/2019). Cap Go Meh di Singkawang berlangsung hingga 20 Februari 2019. 

PHRI Siap Sukseskan Target 20 Juta Wisatawan Pada 2019

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengapresiasi peran besar para pelaku industri hotel dan restoran di Indonesia yang telah mendukung pencapaian target kunjungan wisman ke Indonesia.

Dilansir dari Kontan.co.id, Menteri Pariwisata Arief Yahya saat paparannya dalam Rakernas Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) ke IV di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin 11/2 menyebutkan besarnya kontribusi para pelaku industri hotel dan restoran terhadap dunia pariwisata Indonesia.

Di sisi lain, ia mencatat bahwa bidang akomodasi dan kuliner menjadi penyumbang pendapatan terbesar bagi sektor pariwisata Indonesia yang mana jumlahnya mencapai 60 persen, terdiri dari 40 persen untuk hotel dan 20 persen untuk kuliner atau restoran.

Baca: OJK Pastikan Stabilitas & Likuiditas Sektor Jasa Keuangan Terjaga di Awal 2019

Baca: Ingin Gabung Sebagai Merchat OVO, Bisa Daftar Sendiri Dengan Mudah

Baca: Akui Tak Pacaran dengan Ariel Noah, Pevita Pearce Malah Kepergok Pakai Barang Pribadi Milik Ariel

Karenanya, Menpar Arief mengapresiasi Ketua Umum PHRI yang juga menjadi Ketua Umum Program Visit Wonderful Indonesia Haryadi B. Sukamdani, yang selalu berpartisipasi aktif menyukseskan pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari tahun ke tahun.

“Hal itu perlu dipertahankan oleh PHRI, untuk memberikan pelayanan standar maksimal kepada para konsumen yaitu wisatawan,” ujarnya dalam keterangan persnya.

Menurutnya, wisman juga cenderung akan kembali ke sebuah destinasi jika mendapatkan pelayanan akomodasi yang baik apalagi jika ditunjang dengan pengalaman berwisata kuliner yang berkesan.

Untuk itu, ia berharap PHRI untuk terus mendukung pemerintah, sementara pemerintah terus bekerja keras melakukan promosi dan branding destinasi wisata di Tanah Air. "Pemerintah akan bergerak sesuai ruang tugas pokok dan fungsi sekaligus ketentuan yang berlaku. Dan yang terpenting adalah 'industry lead government' bukan sebaliknya,” katanya.

Hariyadi Sukamdani, Ketua PHRI menambahkan sepanjang 2018 jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia sekitar 15,8 juta orang dan pergerakan wisatawan nusantara sebanyak 265 juta mobilisasi. Maka target 20 juta wisman pada 2019 harus disukseskan dengan strategi yang tepat.

“Tahun ini kami mendukung pemerintah dengan membuat program-program untuk meningkatkan okupansi di bidang hotel atau restauran. Tidak hanya itu kami juga membuat strategi untuk produk 'hot deals' yang belum maksimal. Di samping kerja sama 'Business to Business' dengan maskapai dan travel online besar, kami meyakini itu menjadi strategi yang ampuh untuk menggapai target 20 juta wisman,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul PHRI siap dukung target 20 juta Kempar https://industri.kontan.co.id/news/phri-siap-dukung-target-20-juta-kempar?utm_source=dable

Editor: Maskartini
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved