Citizen Reporter

Pastikan ASN Pemkot Bersih dari Narkoba, 165 Kepala Sekolah di Pontianak Tes Urine

Kalau ditemukan ada ASN positif sebagai pengguna, kita akan koordinasikan ke pihak BKPSDM apakah dibina atau diberi sanksi

Pastikan ASN Pemkot Bersih dari Narkoba, 165 Kepala Sekolah di Pontianak Tes Urine
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Petugas BNN Kota Pontianak memeriksa air seni ASN Pemkot Pontianak.   

Citzen Reporter 
Humas Pemkot Pontianak, Jimmy Ibrahim 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sebanyak 165 kepala sekolah mulai dari tingkat PAUD, TK, SD dan SMP Negeri se-Kota Pontianak dites urine di Aula Sultan Syarif Abdurrahman Kantor Wali Kota Pontianak, Rabu (27/2/2019).

Tes urine ini dilakukan dalam rangka menjalankan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 tahun 2018 tentang Pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari Rencana Aksi Nasional.

“Tujuannya untuk memberikan kepastian bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Pontianak ini bebas dari penyalahgunaan narkoba,” ujarnya.

Menurut orang nomor satu di Kota Pontianak ini, idealnya seluruh ASN di lingkungan Pemkot Pontianak harus dilakukan tes urine. Namun dikarenakan keterbatasan anggaran, waktu dan tempat sehingga dilakukan secara bertahap. Tahun ini, pihaknya menargetkan sebanyak 1.000 ASN yang akan dites urine.

“Sejatinya, muatan dari tes urine ini bukan hanya sekedar tes lalu selesai. Tetapi kita harapkan kepada mereka-mereka ini menyadari bahwa narkoba itu membahayakan bagi siapa saja yang menggunakannya,” ucap Edi.

Apabila nantinya dari hasil tes urine ini ditemukan ASN yang positif terindikasi menggunakan narkoba, maka pihaknya akan melihat dulu apakah yang bersangkutan pengguna baru atau sebagai konsumsi tetap.

Kemudian terhadap mereka ini, pihaknya akan melakukan pembinaan sebab bagaimana pun juga mereka adalah orang-orang yang harus diselamatkan dari penyalahgunaan narkoba.

“Untuk menjatuhkan sanksi, dilihat dari tingkatan penyalahgunaan narkoba, apabila itu sudah masuk kategori berat, bisa sanksi sampai pada pemecatan,” tukasnya.

Baca: Polsek Menyuke Berikan Pengamanan Penyaluran Dana PKH

Baca: Roda Dua Dominasi Arus Lalu Lintas di Jalan Ahmad Yani Sanggau, Kamis (28/2/2019)

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved