Gaet Wisatawan Millenial, Menpar Kembangkan Tourism 4.0

Arief Yahya mengatakan pengembangan pariwisata atau tourism 4.0 yang ditujukan bagi wisatawan milenial

Gaet Wisatawan Millenial, Menpar Kembangkan Tourism 4.0
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Wisatawan menyaksikan rangkaian acara Cap Go Meh di kawasan Vihara Tri Dharma Bumi Raya, kota Singkawang, Kalimantan Barat, Minggu (17/2/2019). Cap Go Meh di Singkawang berlangsung hingga 20 Februari 2019. 

Gaet Wisatawan Millenial, Menpar Kembangkan Tourism 4.0 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,JAKARTA - Wisatawan milenial tercatat jumlahnya mencapai 50 persen dari keseluruhan wisman inbound ke Indonesia. Seiring data yang ada Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan pengembangan pariwisata atau tourism 4.0 yang ditujukan bagi wisatawan milenial dengan target terjadi pertumbuhan wisatawan. 

Dikutip dari Kontan.co.id Menpar Arief Yahya ketika membuka sekaligus menjadi keynote speaker dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata I Tahun 2019 mengatakan sebagai perbandingan, Malaysia dalam program tourism 4.0 menargetkan pertumbuhan 4 kali lipat pada 2030. Sedangkan Spanyol menjadi negara yang paling berhasil dalam tourism 4.0.

Baca: IHSG Ditutup Melemah Hari Ini, Turun 82,33 Poin

Baca: Jam Tangan Ini Dipakai Syahrini Saat di Jepang Sebelum Menikah, Harganya Capai Rp 50 Miliar

Baca: VIDEO - Peserta Buru Tiket Jalan Sehat, Begini Antusiasme Kalangan Millenial

Menpar Arief mengatakan, tourism 4.0 ditujukan pada wisatawan milenial yang cenderung lebih mandiri dan individual. Dia menambahkan kelompok wisatawan milenial saat ini mendominasi negara-negara sumber wisman dunia. Kementerian Pariwisata pun saat ini sedang mempersiapkan transformasi menuju tourism 4.0 dalam grand strategy. 

“Spanyol menjadi banchmarking. Negara ini telah menerapkan pariwisata 4.0 di beberapa destinasi utamanya dengan membangun ekosistem digital mulai dari inspiration, arrival, destination, hingga post-trip serba digital mencerminkan era tourism 4.0,” ujar Arief Yahya.

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Menpar serius jaring wisatawan milenial https://industri.kontan.co.id/news/menpar-serius-jaring-wisatawan-milenial

Editor: Maskartini
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved