Realisasi Anggaran Tahun 2018 Capai Rp 1.94 Triliun

Tidak hanya apresiasi, akan tetapi kita harapkan dukungan dari seluruh pimpinan daerah untuk tahun 2019 melalui penyaluran DAK dan DD

Realisasi Anggaran Tahun 2018 Capai Rp 1.94 Triliun
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Maudy Asri Gita Utami
Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kalbar, Edward UP Nainggolan. 

Realisasi Anggaran Tahun 2018 Tingkat Nasional Capai Rp 1.94 Triliun

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK- Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kantor Wilayah (Kanwil) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) adakan kegiatan evaluasi atas pelaksanaan anggaran di tahun 2018 sekaligus pemberian apresiasi kepada Satuan Kerja (Satker) yang telah berkinerja dengan baik di tahun 2018 bertempat di Aula Kanwil DJPb jl K S Tubun no 36 Kota Pontianak, Selasa (26/2/2019).

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kalbar Edward UP Nainggolan mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan dengan mengundang seluruh unsur pimpinan di lingkup Kalimantan Barat serta diharapkan para pimpinan di daerah tersebut diharapkan juga dapat memberikan dukungan, komitmen, dan dorongan yang sangat berarti bagi suksesnya program-program Pemerintah lainnya.

"Tidak hanya apresiasi, akan tetapi kita harapkan dukungan dari seluruh pimpinan daerah untuk tahun 2019 melalui penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa, Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Ultra Mikro (UMi), Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), dan program - program pemerintah yang Iainnya," imbuhnya.

Baca: Kepala DJPb Sebut Tiga Strategi Kebijakan Fiskal Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Baca: DJPb Lakukan Evaluasi dan Pemberian Penghargaan Atas Pelaksanaan Anggaran Tahun 2018

Baca: Kanwil DJPb Tingkatkan Kualitas Anggaran yang Lebih Baik

Lanjutnya, dalam hal pelaksanaan anggaran, secara umum dapat dikatakan bahwa realisasi di tahun 2018 untuk tingkat nasional sangat menggembirakan.

Di sisi penerimaan, capaian sebesar Rp 1.94 triliun atau mencapai 102,5 persen dari target, sedangkan realisasi belanja negara mencapai Rp 2.20 triliun atau 99,16 persen dari pagu APBN 2018.

Sementara itu, khusus untuk wilayah Kalimantan Barat, realisasi penerimaan sebesar adalah sebesar Rp 7.68 triliun dan realisasi belanja sebesar Rp 14.38 triliun atau 93.83 persen dari Pagu Anggaran dan Kalimantan Barat juga mencatatkan pertumbuhan ekonomi daerah yang cukup baik, yaitu sebesar 5.07 persen.

"Tentunya capaian ini masih dapat ditingkatkan lagi di tahun 2019 ini. dengan komitmen dan dukungan para pimpinan di daerah," sebutnya.

Selain itu, Edwar mengatakan pemerintah sendiri telah berusaha untuk mendorong kinerja atas pelaksanaan anggaran ini, salah satunya dengan menetapkan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) yang terdiri dari 12 indikator, diantaranya adalah revisi DIPA, akurasi pencairan DIPA, penyelesaian pagu minus, penyampaian data kontrak, retur SP2D, akurasi perencanaan kas, dan sebagainya.

"Kedepannya, diharapkan Satker di wilayah Kalimantan Barat dapat Iebih memperhatikan dan memonitor capaian dari Iindikator-indikator tersebut, sehingga dapat berkinerja dengan Iebih baik dan membantu pemerintah untuk merealisasikan program-program strategis," paparnya.

Dalam kegiatan ini juga disampaikan apresiasi bagi Satker yang berkinerja baik dalam pelaksanaan anggaran tahun 2018, di mana MTs Negeri I Landak dan Balai Pemasyarakatan Sintang meraih terbaik pertama dan kedua sebagai Satker yang berkinerja terbaik dalam pelaksanaan anggaran.

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved