RAT Tahun Buku 2018 dan Momentum Besar KSP CU Pancur Kasih

RAT adalah amanat undang-undang. Oleh karenanya, ini jadi momentum penting bagi kita semua untuk mendengarkan bagaimana pengurus

RAT Tahun Buku 2018 dan Momentum Besar KSP CU Pancur Kasih
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Ishak
Suasana RAT KSP CU Pancur Kasih, di function hall hotel Kapuas Palace Pontianak, Sabtu (23/02/2019). 

RAT Tahun Buku 2018 dan Momentum Besar KSP CU Pancur Kasih

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Credit Union (CU) Pancur Kasih menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2018. Agenda yang dilaksanakan di Function Hall Hotel Kapuas Palace, Pontianak itupun punya arti besar.

"RAT adalah amanat undang-undang. Oleh karenanya, ini jadi momentum penting bagi kita semua untuk mendengarkan bagaimana pengurus dan pengawas melakukan kinerjanya selama tahun buku 2018," ungkap Ketua Pengurus KSP CU Pancur Kasih, Gabriel Marto, saat berikan sambutan, Sabtu (23/02/2019).

Baca: CU Pancur Kasih Angkat Peran Millenial di Rapat Anggota Tahunan

Baca: Ajak Duel, Adrianto Tewas Setelah Tikaman Pisau Tembus Dadanya

Ia mengungkapkan, RAT menjadi momentum semua stockholder berikan sumbangsih bagi kemajuan organisasi. Kontribusi positif selama aganda dari utusan dari masing-masing Tempat Pelayanan (TP) jadi saru hal penting bagi kemajuan KSP CU Pancur Kasih.

Dalam pemaparannya, ia juga menyampaikan beberapa strategi yang sudah dilaksanakan pihaknya demi memajukan KSP CU Pancur Kasih. Satu di antara strategi itu adalah upaya peningkatan penyaluran kredit dan peningkatan asset dengan cara meningkatkan status Tempat Pelayanan Kecamatan (TPK) menjadi TP penuh.

"Ini dimaksudkan agar CU Pancur Kasih bisa berikan pelayanan lebih efektif dan efesien kepada masyarakat," sambungnya.

Baca: Gelar RAT, CU Pancur Kasih Soroti Pajak Atas Bunga Simpanan dan Lesunya Perekonomian

Baca: Ini Inisial Tiga Perempuan Diamankan Terkait Viral Video Jika Jokowi Terpilih Tak Ada Lagi Azan

Tak hanya itu, peningkatan peningkatan pelayanan kepada anggota juga terus ditingkatkan. Satu di antaranya adalah dengan langkah menyediakan dua  mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Saat ini, dua ATM ini ditempatkan di kawasan Pontianak, di kantor KSP CU Pancur Kasih TP Siantan dan TP Sungai Jawi. Dengan adanya ATM ini, memungkinkan anggota memenuhi kebutuhan transaksi keuangan lebih cepat dan kapan saja.

Bukannya tanpa alasan. Penerapan teknologi keuangan modern dengan perangkat ATM ini menurutnya adalah sebuah keniscayaan.

Sebab, pihaknya menyadari bahwa teknologi dan perubahannya yang cepat tak bisa dibendung. Karenanya, teknologi juga harus diterapkan untuk mempercepat efektivitas dan efesiensi operasi bisnis.

"Ini kami lakukan juga untuk melayani anggota yang sudah sangat bervariasi. Terutama di wilayah perkotaan yang intensitas kebutuhan transaksi keuangannya sangat tinggi. Sehingga kapan saja anggota butuh uang, bisa mengambilnya di ATM secara real time," sambungnya.

Langkah strategis lainnya yang dilakukan pihaknya adalah dengan melakukan audit independen laporan keuangan tahun buku 2018. Hasilnya, bahkan disampaikan secara terbuka oleh auditor dari akuntan publik yang ditunjuk sebagai mitra dalam agenda RAT kali ini.

Tak cukup sampai di situ, upaya peningkatan kapasitas pengelola dan standar pengelolaan koperasi juga ditingkatkan. Satu di antaranya dengan  dilaksanakannya standar uji kompetensi manajer TP, yang mana menurutnya hal tersebut juga bagian dari amanat undang-undang perkoperasian.

Langkah-langkah strategis itupun tampaknya berbuah manis, utamanya bila menilik pencapaian KSP CU Pancur Kasih selama tahun buku 2018.

Penulis: Ishak
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved