K Pop

Fotografer Prancis Tuding BTS Plagiat Karyanya, Big Hit Akhirnya Angkat Suara

Fotografer Prancis tersebut juga mengklaim bahwa buku foto album BTS "Young Forever," yang dirilis pada Mei 2016, juga mengambil gambar dari karyanya

Fotografer Prancis Tuding BTS Plagiat Karyanya, Big Hit Akhirnya Angkat Suara
PHOTO: REBECCA SAPP/RECORDING ACADEMY/GETTY IMAGES
BTS 

Fotografer Prancis Tuding BTS Plagiat Karyanya, Big Hit Akhirnya Angkat Suara

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Seorang fotografer dan penulis Prancis mengklaim bahwa adegan perjamuan dari video musik BTS 2016 "Blood Sweat & Tears" menarik inspirasi dari salah satu fotonya seperti dikatakan agensi setempat mengatakan Senin (25/2/2019)

Dilansir Kpop Herald Bernard Faucon mengirim dokumen yang berisi klaim ke agensi manajemen BTS Big Hit Entertainment pada bulan Agustus dan Oktober.

Baca: RESMI! Proyek ARMYPEDIA Pertama BTS Digelar di Korea, Mengungkap Sepotong Puzzle

Baca: Boyband Korsel BTS Kalahkan Donald Trump di Twitter, Ini Faktanya

Baca: Rencana Tur BTS Gunakan Stadion Wembley Dikritik, Tottenham Hotspur Pastikan Jangan Khawatir

Menurut agen Faucon di sini, dokumen itu juga mengklaim bahwa fotonya "le banquet," yang diambil pada tahun 1970-an,  menjadi referensi untuk pembuatan film adegan perjamuan di "Blood Sweat & Tears," yang menunjukkan bahwa  bagian yang menggunakan pakaian formal dan makan malam dikelilingi oleh api yang menelan bukit.

Fotografer Prancis tersebut juga mengklaim bahwa buku foto album BTS "Young Forever," yang dirilis pada Mei 2016, juga mengambil gambar dari karya-karyanya yang lain.

"Sudah jelas bahwa (fotografer) membawa koleksi foto saya 'liburan musim panas' ke tempat pemotretan dan merujuknya saat mengambil foto," katanya seperti dikutip.

Big Hit menanggapi klaim tersebut dengan mengatakan bahwa foto dan video musik BTS bukan merupakan pelanggaran hak cipta, meminta pihak Faucon untuk membatalkan masalah, menurut agensinya.

"Saya belum, bahkan untuk sedetik pun, berpikir untuk mengambil tindakan hukum terhadap (pihak BTS) ... Saya hanya meminta (pihak BTS) mengakui dan menyebutkan mengambil inspirasi artistik (dari saya)," artis Prancis itu seperti dikutip.

Mengenai klaim tersebut, Big Hit Entertainment  mengatakan pada hari Senin bahwa, "(Kami) menyampaikan pendapat terhadap klaim kemiripan yang diajukan oleh satu galeri tahun lalu."

Big Hit Beri Tanggapan

Halaman
123
Penulis: Dhita Mutiasari
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved