Bangun Kawasan Wisata Unggulan Bertaraf Internasional Baru, Indonesia Bisa Belajar dari Thailand

Pemerintah saat ini tengah mendorong wilayah di Indonesia menjadi destinasi pariwisata bertaraf internasional.

Bangun Kawasan Wisata Unggulan Bertaraf Internasional Baru, Indonesia Bisa Belajar dari Thailand
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / ISHAK
Suasana pemaparan perkembangan ekonomi terkini dalam era digital ekonomi Bank Indonesia, Senin (25/02/2019). 

Bangun Kawasan Wisata Unggulan Bertaraf Internasional Baru, Indonesia Bisa Belajar dari Thailand

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah saat ini tengah mendorong  wilayah di Indonesia menjadi destinasi pariwisata bertaraf internasional.

Selain Bali, ada beberapa wilayah lain di Indonesia yang didorong menjadi destinasi wisata unggulan baru untuk menopang kemajuan sektor industri pariwisata nasional

"Beberapa di antaranya itu seperti Danau Toba, Birodubudur, Mandalika. Juga Bali, Jakarta kota kota tuanya, Kepulauan Bangka Belitung, dan juga Banyuwangi," ungkap Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi, saat berikan pemaparan dalam agenda temu wicara Perkembangan Ekonomi Terkini Dalam Era Digital Ekonomi, di Bank Indonesia kantor perwakilan wilayah Kalbar, Senin (25/02/2019).

Baca: Asik Main Judi, 4 Warga Pontianak Ini Diciduk Polisi

Baca: Gadis 18 Tahun Diperkosa Bergantian oleh Ayah, Abang dan Adik Kandungnya sampai 5 Kali Sehari

Baca: Selasa (26/2/2019) Disdukcapil Rakor se-Kalbar di Kapuas Hulu

Untuk bisa membuat wilayah itu maju pariwisatanya, hal yang cukup penting adalah kesiapan untuk menyambut dan menerima kunjungan wisatawan. Baik dari sisi infrastruktur dan amenitasnya, juga sosial masyarakatnya.

Indonesia pun menurutnya bisa 'belajar' dari negeri Jiran, Thailand, yang menurutnya cukup baik dalam mengelola industri pariwisata. "Thailand, termasuk negara yang siap menerima turis," sambungnya.

Ia mencontohkan, dalam setiap event internasional, para peserta biasanya akan selalu diajak field trip ke destinasi wisata unggulan di negeri gajah putih (julukan Thailand).  "Jadi semuanya sudah satu paket, " katanya lagi.

Indonesia sendiri menurutnya punya potensi yang tak kalah baiknya untuk dikembangkan. Sebab, Indonesia juga sangat kaya akan destinasi wisata. Baik alam maupun budayanya.

Sejauh ini, kawasan pariwisata unggulan di Indonesia yang sudah benar-benar siap menyambut wisatawan menurutnya baru Bali. Sisanya, masih menjadi pekerjaan besar.

Karena itu, iapun lantas juga mengajak peran serta pihak swasta dalam upaya memajukan industri pariwisata nasional. "Ayolah kita bangun bersama negeri ini," pungkasnya.

Penulis: Ishak
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved