Bupati Jarot Ikut Panen Perdana Kebun Warga di Gang Gamajaya

Bupati Sintang Jarot Winarno bersama dengan Yayasan Solidaridad melakukan Panen Perdana Hasil Kebun Warga yang berada di Gang Gamajaya

Bupati Jarot Ikut Panen Perdana Kebun Warga di Gang Gamajaya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Bupati Sintang Jarot Winarno bersama dengan Yayasan Solidaridad melakukan Panen Perdana Hasil Kebun Warga yang berada di Gang Gamajaya, Desa Baning Kota, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Jumat (22/2/2019) pagi. 

Bupati Jarot Ikut Panen Perdana Kebun Warga di Gang Gamajaya

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Bupati Sintang Jarot Winarno bersama dengan Yayasan Solidaridad melakukan Panen Perdana Hasil Kebun Warga yang berada di Gang Gamajaya, Desa Baning Kota, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Jumat (22/2/2019) pagi.

Hadir Kepala DLH Kabupaten Sintang Darmanata, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Veronika Ancili, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Zukarnaen serta sejumlah staff OPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sintang.

“Kita melihat kesadaran masyarakat kota bahwa tanah tidak banyak. Sementara manusianya semakin bertambah dari tahun ke tahun sehingga kita harus mengoptimalkan lahan-lahan di sekitar kita,” ujar Bupati Jarot.

Baca: 194 Ribu Pelanggan Telkomsel di Kalbar Gunakan T-Cash yang Hari Ini Efektif Menjadi LinkAja

Baca: Azyumardi Azra Harap Pilpres Tak Membuat Masyarakat Terpecah Belah

Baca: Polsek Menyuke Patroli Malam, Sampaikan Imbauan Kepada Masyarakat

Menurut Jarot ada beberapa aternatif yang dapat dilakukan warga perkotaan dalam mensiasati minimnya lahan perkebunan. Dapat menggunakan system penanaman hidroponik, vertikal, polybag dan menggunakan pot.

“Dengan adanya inisiatif kebun di pekarangan begini, kita harapkan ada bank sampah di lingkungan ini. Saya berharap hal ini dapat ditirulah oleh masyarakat yang lain, khususnya di lingkungan Kota Sintang," tambahnya.

Bupati dan rombongan dari Solidaridad kemudian berkesempatan memetik kacang panjang, tomat, cabai, terung dan sawi yang ada ada di pekarangan warga tersebut.

Puluhan warga sekitar yang didominasi oleh ibu-ibu kelompok wanita tani juga ikut serta dalam kegiatan ini.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan pula penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Sintang dengan Yayasan Solidaridad Network Indonesia.

Memorandum of Understanding (MoU) tersebut berisi tentang kesepakatan kemitraan strategis kedua belah pihak dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Sintang.

Penulis: Wahidin
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved