Xiaomi Mi 9 Tampil Berbeda dari Biasa, Tampil Transparan?

Kapasitas itu terbilang super jumbo di kala rata-rata smartphone saat ini masih nyaman memakai RAM 6GB hingga 8GB

Xiaomi Mi 9 Tampil Berbeda dari Biasa, Tampil Transparan?
(Phandroid)
Penampakan Mi 9 Explorer Edition 

Xiaomi Mi 9 Tampil Berbeda dari Biasa, Tampil Transparan?

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Tinggal menghitung hari, Xiaomi Mi 9 hendak menyapa para MiFans. Flagship tersebut dijadwalkan meluncur pada 20 Februari 2019, berbarengan dengan Samsung Galaxy S10.

Foto dan spesifikasi satu per satu dikuak Xiaomi. Yang terbaru adalah kehadiran edisi khusus Mi 9 Explorer Edition. Mengikuti jejak "kakaknya" Mi 8 tahun lalu, Xiaomi juga meghadirkan varian dengan punggung perangkat yang seolah transparan.

Tak hanya menarik perhatian dari segi desain, Mi 9 Explorer Edition juga menawarkan besaran RAM hingga 12GB. Kapasitas itu terbilang super jumbo di kala rata-rata smartphone saat ini masih nyaman memakai RAM 6GB hingga 8GB, tak sedikit pula yang belum beralih dari RAM 4GB.

Peningkatan juga dilakukan di sektor kamera utama. Mi 9 Explorer Edition dibekali triple-camera 48 megapiksel yang terususun vertikal di punggung, sama seperti Mi 9 standar.

Baca: Ternyata Sering Begadang Bisa Sebabkan Gangguan Hati, Penelitian Beberkan Bahayanya!

Baca: BREAKING NEWS - Tatung Asal Australia Unjuk Kebolehan, Taring Mencuat dari Hidung

Hanya saja, varian Explorer Edition digadang-gadang tersusun atas 7P (tujuh buah lensa plastik) dengan bukaan F/1.47. Spesifikasi itu sedikit lebih mumpuni ketimbang triple-camera Mi 9 standar dengan lensa 6P dan bukaan F/1.75.

Dua kamera sekunder pada Mi 9 Explorer Edition akan beresolusi 12 megapiksel dan 16 megapiksel. Masing-masing untuk lensa telefoto dengan 2x optical zoom dan lensa ultra wide.

Tak hanya itu, Mi 9 kabarnya akan didukung Laser Autofocus, PDAF (phase detection autofocus) dan CDAF (contrast detect autofocus) dengan Voice Coil Motor (VCM) loop tertutup.
VCM bekerja dengan prinsip magnetik untuk menggerakan posisi lensa kamera agar lebih cepat mendapatkan fokus.

Untuk panel pemindai sidik jari, Mi 9 menggunakan sensor generasi kelima yang diklaim 25 persen lebih cepat dibanding generasi keempat yang digunakan kebanyakan ponsel. Dilansir KompasTekno dari Phandroid, Selasa, (19/2/2019), Xiaomi memasok layar Mi 9 dari Samsung.

Layar tersebut beresolusi Full HD Plus dengan tingkat kecerahan 600 nit. Untuk meningkatkan kemampuan layar, Xiaomi menyematkan mode "Sunlight mode 2.0" yang bisa meningkatkan kontras dan mengoptimasi warna layar, terutama ketika perangkat digunakan di bawah terik matahari.

Rasio bodi ke layar Mi 9 disebut mencapai 90,7 persen, berkat bingkai yang semakin dipertipis dan "notch" (poni) waterdrop yang menjorok di atas layar. Poni tersebut akan digunakan untuk tempat kamera depan dan sensor ambient light, sementara sensor proximity akan ditanam di bawah panel layar.

Menurut rumor yang bererdar di ranah maya, Mi 9 akan dijual mulai dari harga 3.499 yuan (sekitar Rp 7,3 jutaan) dan Mi 9 Explorer Edition dijual mulai dari 5.999 yuan (sekitar Rp 12,5 jutaan). (*)

Artikel ini telah terbit di kompas.com dengan judul Xiaomi Hadirkan Mi 9 "Transparan" dengan RAM 12 GB?

Editor: Rihard Nelson Silaban
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved