Waspada Wilayah Hulu Kalbar, BMKG Prediksi Curah Hujan Lebih Tinggi Dibanding Wilayah Pesisir

BMKG Klimatologi Mempawah melansir prediksi cuaca di beberapa wilayah kalbar secara umum curah hujan di wilayah Kalimantan Barat pada pentad VI

Waspada Wilayah Hulu Kalbar, BMKG Prediksi Curah Hujan Lebih Tinggi Dibanding Wilayah Pesisir
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ADELBERTUS CAHYONO
Kepala SD Santa Ursula, Suster Natalia memunguti sampah dari genangan banjir di halaman SD Santa Ursula, Desa Pancaroba, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kamis (18/1/2018). Banjir tersebut diakibatkan oleh tingginya curah hujan yang turun selama tiga hari berturut-turut pekan lalu. 

Waspada Wilayah Hulu Kalbar, BMKG Prediksi Akan Terjadi Curah Hujan Lebih Tinggi Dibanding Wilayah Pesisir

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - BMKG Klimatologi Mempawah melansir prediksi cuaca di beberapa wilayah kalbar secara umum curah hujan di wilayah Kalimantan Barat pada pentad VI yaitu periode 16 – 20 Februari 2019 diprakirakan berkisar antara 40 – 70 mm/pentad dengan anomali positif atau lebih tinggi dari normalnya.

Distribusi temporal curah hujan di Kalimantan Barat diprakirakan tinggi di awal pentad kemudian terus menurun hingga akhir pentad, dimana diprakirakan curah hujan bagian hulu lebih tinggi dibanding wilayah pesisir.

Baca: Prakiraan BMKG Curah Hujan Lebih Tinggi Dari Normalnya, Waspada Banjir

Baca: Prediksi Susunan Pemain Persib Vs Arema FC di Babak 16 Besar Piala Indonesia, Live Jawapos TV

Baca: Menteri Hukum dan HAM RI Nilai Pawai Lampion di Singkawang Spektakuler

Suhu udara di Kalimantan Barat pada pentad berikutnya (16-20 Februari 2019) diprakirakan lebih rendah hingga sama dengan normalnya pada awal pentad dan berangsur menghangat hingga anomali positif pada akhir pentad.

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada serta mengantisipasi dampak dari potensi hujan yang cukup tinggi di awal pentad seperti munculnya genangan terutama di wilayah dekat aliran sungai.

Masyarakat diharapkan mengikuti perkembangan iklim terkini guna perencanaan aktivitas dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved