Cap Go Meh

LIVE STREAMING Aksi Tatung Singkawang, Ritual Cuci Jalan Jelang Cap Go Meh 2019

LIVE STREAMING Aksi Tatung di Singkawang, Ritual Cuci Jalan Jelang Cap Go Meh 2019

LIVE STREAMING Aksi Tatung Singkawang, Ritual Cuci Jalan Jelang Cap Go Meh 2019
NONO SUPRAYITNO/TRIBUNPONTIANAK.CO.ID
Prosesi ritual buka mata replika naga menjelang Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat, Minggu (17/2/2019). Cap Go Meh 2019 di kota Singkawang dimeriahkan oleh 12 replika naga. 

Live Streaming Aksi Tatung di Singkawang, Ritual Cuci Jalan Jelang Cap Go Meh 2019

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Live Streaming Aksi Tatung di Singkawang, Ritual Cuci Jalan Jelang Cap Go Meh 2019.

Saksikan Aksi Tatung Singkawang di ritual cuci jalan melalui Facebook Tribun Pontianak Interaktif di bagian akhir tulisan ini.

Ratusan Tatung yang akan memeriahkan Parade Tatung pada Selasa (19/2/2019) di puncak perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang sudah datang ke Vihara Tri Darma Bumi Raya yang berada di pusat kota Singkawang untuk berdoa dan kemudian melanjutkan ritual Cuci jalan di kota Singkawang, Senin (18/2/2019).

Baca: RUTE Cap Go Meh Singkawang 2019, Pawai Tatung Start dari Jalan Diponegoro

Baca: JADWAL Cap Go Meh Singkawang, Pontianak & Ketapang Kalbar! Ada Ritual Tatung hingga Pawai Naga

Ratusan Tatung ini datang dari berbagai wilayah kota Singkawang dan Kalimantan Barat.

Selain di ramaikan dengan ratusan Tatung, setiap kelompok Tatung yang akan melakukan ritual cuci jalan pun turut serta membawa iring - iringan, yang menabuh genderang nya sepanjang jalan.

Melihat ramainya Tatung yang datang ke Vihara ini, Masyarakat pun secara langsung juga mendatangi lokasi ini untuk melihat secara dekat persiapan para Tatung melakukan ritual Cuci jalan.

Tujuan pertama dari para Tatung ini yakni Vihara tertua di Kota Singkawang yang terletak di pusat Kota Singkawang yakni Vihara Tri Darma Bumi Raya. Berikut videonya:

Mario (25) satu di antara Tatung yang datang ke Vihara ini mengatakan bahwa Ritual Cuci jalan ini dilaksanakan bertujuan untuk menghilangkan hal - hal negatif sebelum parade Puncak Tatung yang akan di gelar esok hari.

"Ini tujuannya untuk biar acara nanti lancar, Ndak ada gangguan, semua bisa berjalan dengan baik," tutur Tatung yang berasal dari wilayah Saga Tani Kota Singkawang.

Untuk jalur sendiri Mario mengatakan akan menyusuri jalanan yang ada di beberapa wilayah Kota Singkawang, khususnya yang akan di lintasi pada parade nanti.

"Nanti kita keliling - keliling," ujar Mario.

Penulis: Ferryanto
Editor: Marlen Sitinjak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved