Hadirnya Pelabuhan Kijing, Iwan Gusti: Jadikan Mempawah Kota Budaya dan Baromenter Bisnis Kalbar

Jadikan Mempawah Kota Budaya dan Baromenter Bisnis di Kalimantan Barat

Hadirnya Pelabuhan Kijing, Iwan Gusti: Jadikan Mempawah Kota Budaya dan Baromenter Bisnis Kalbar
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pengusaha sekaligus Tokoh Masyarakat Mempawah Iwan Gusti 

Hadirnya Pelabuhan Kijing, Iwan Gusti: Jadikan Mempawah Kota Budaya dan Baromenter Bisnis Kalbar

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Pembangunan pelabuhan internasional di Kijing Kabupaten mempawah, hadir sebagai program tol laut dan poros maritim, sektor pelabuhan nasional menawarkan peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Peluang itu menyasar mulai dari jasa konstruksi hingga operator terminal di pelabuhan khususnya bagi daerah yakni masyarakat.

Berdasarkan data yang sudah dipublikasi, pemerintah berencana membangun 24 pelabuhan baru di seluruh Indonesia dengan alokasi biaya mencapai ratusan triliun rupiah.

Pengusaha sekaligus Tokoh Masyarakat Mempawah, Iwan Gusti mengatakan kehadiran pelabuhan-pelabuhan ini nantinya akan menjadi bagian yang terintegrasi dari program tol laut dari pemerintah.

Baca: Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto Pimpin PB FORKI Periode 2019-2023

Baca: Masyarakat Tak Perlu Khawatir, Bulog Jamin Stok Rastra di Melawi dan Sintang Aman Sampai April

Baca: Jelang Pemilu 2019, KPU Mempawah Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi DPTb

Baca: Jelang Pemilu 2019, KPU Mempawah Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi DPTb

"Karena peluang bisnis pelabuhan akan terbuka luas dari maupun ke luar dalam daerah hingga luar negeri," katanya Warga Kabupaten Mempawah yang masih tinggal di Australia.

Ia menyebutkan beberapa peluang bisnis pelabuhan yang terbuka, antara lain, Pembangunan depo sebagai pendukung layanan petikemas yang diperkirakan ke depan akan semakin meningkat.

Serta kesiapan alat bongkar muat seperti Container Crane (CC) dan Ruber Tyred Gantry (RTG) yang terus ditambah dan adanya rencana penambahan panjang dermaga.

Lalu berdampak juga pada meningkatkannya peran Perusahaan Bongkar Muat (PBM) dengan melakukan investasi alat yang tujuannya meningkatkan efisiensi dan produktivitas bongkar muat di Terminal Peti Kemas (TPKB).

Pangdam XII/Tpr Mayjend TNI Andika Perkasa saat melakuka peninjauan di pelabuhan Kijing sebagai upaya persiapan kedatang Presiden Jokowi pada Akhir Oktober mendatang, Selasa (26/9/2017)
Pangdam XII/Tpr Mayjend TNI Andika Perkasa saat melakuka peninjauan di pelabuhan Kijing sebagai upaya persiapan kedatang Presiden Jokowi pada Akhir Oktober mendatang, Selasa (26/9/2017) (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HAMDAN)
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / DHITA MUTIASARI
caption: Sejumlah pekerja sudah mulai tampak dalam pengerjaan tahapan persiapan dalam rencana pembangunan pelabuhan Kijing ini, Kamis (4/5/2017).
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / DHITA MUTIASARI caption: Sejumlah pekerja sudah mulai tampak dalam pengerjaan tahapan persiapan dalam rencana pembangunan pelabuhan Kijing ini, Kamis (4/5/2017). (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / DHITA MUTIASARI)
Suasana Pencanangan Pembangunan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, Rabu (11/04/2018)
Suasana Pencanangan Pembangunan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, Rabu (11/04/2018) (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FERRYANTO)

Mendorong berkembangnya usaha bidang logistik bagi kelancaran jaringan pasok logistik nasional dengan memperluas daya jangkau di tingkat wilayah

Halaman
12
Penulis: Madrosid
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved