Waspada Upal, Kepala Bank Indonesia Harap Warga Terapkan 3D Kenali Keaslian Rupiah

Prijono berharap masyarakat yang akan melakukan transaksi dengan jumlah besar agar menggunakan fasilitas non tunai.

Waspada Upal, Kepala Bank Indonesia Harap Warga Terapkan 3D Kenali Keaslian Rupiah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/DAVID NURFIANTO
Tersangka SJ, SW, HA dan MN, beserta barang bukti (BB) dalam kasus uang palsu (Upal) pada press rilis pengungkapan pengedar Upal, di Mapolres Mempawah, Minggu (10/2/2019). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK – Maraknya penemuan uang palsu (upal) di beberapa wilayah Kalbar beberapa waktu terkahir turut menjadi perhatian Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Kalbar, Prijono.

Dia mengharapkan masyarakat memperhatikan beberapa hal agar bisa terhindar dari upal.

Baca: Polda Kalbar Bakal Gelar Press Conferens Upal di Wilayah Hukum Kalbar

Baca: Ungkap Kasus Upal, Didik: Tersangka Sebar Upal Rp 114 juta di 3 Wilayah

“Kita harus peduli serta mengenali ciri-ciri keaslian uang Rupiah. Apabila mendapatkan uang, sebaiknya memeriksa keaslian uang tersebut dengan cermat menggunakan cara 3D-dilihat-diraba-diterawang. Ini dapat dengan mudah dilakukan menggunakan indera kita,” paparnya.

Prijono juga mengharapkan masyarakat yang akan melakukan transaksi dengan jumlah besar agar menggunakan fasilitas non tunai.

“Apabila akan bertransaksi menggunakan uang sebaiknya dilakukan di tempat yang terang,” ujarnya.

Dia kembali mengingatkan masyarakat agar jangan mudah tergoda penukaran uang jumlah kecil dengan jumlah yang lebih besar. Misalnya uang Rp 1 juta ditukar dengan uang Rp 5 juta.

Penukaran pun, lanjut Prijono, hanya dilakukan di tempat-tempat resmi dan berizin seperti bank, KUPVA/money changer (tentunya yang berijin).

“Masyarakat jangan pernah takut untuk melaporkan baik kepada Kepolisian atau BI apabila masyarakat menemukan uang palsu. Uang palsu tersebut jangan digunakan atau dibelanjakan,” ungkapnya.

Penulis: Nina Soraya
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved