Berita Video

VIDEO: Waspada Uang Palsu, Kapolda Ingatkan Masyarakat Cermat Bertransaksi dan Terapkan 3 D

Kapolda mengatakan bahwa kejahatan Peredaran Uang Palsu merupakan termasuk kejahatan extra ordinary crime.

Waspada Uang Palsu, Kapolda Ingatkan Masyarakat Cermat Bertransaksi dan Terapkan 3 D

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Kapolda Kalbar, Irjen Didi Hartono akan pimpin langsung pelaksanaan Press Conferens Pengungkapan Uang Palsu di wilayah Hukum Polda Kalbar, Senin (11/2/2019).

Press Conferens ini digelar di lantai dasar Mapolda Kalbar dan diikuti oleh Kapolres Mempawah AKBP Didik Dwi Santoso bersama Perwakilan Bank Indonesia.

Kapolda mengatakan bahwa kejahatan Peredaran Uang Palsu merupakan termasuk kejahatan extra ordinary crime.

"Rupiah ini juga merupakan lambang kedaulatan negara, maka ancaman hukuannya dari pidana ini cukup tinggi sekali, yakni kurungan penjara maksimal 15 tahun Penjara dan Denda sebesar 15 Milyar Rupiah,"tegas Didi Haryono.

Baca: Pengunjung Tertegun Lihat Sapi Masuk Supermarket

Didi pun menghimbau kepada masyarakat, bila bertansaksi untuk dapat melakukan pemeriksaan uang tunai dengan cermat, dan menerapkan 3D, yakni Dilihat di Raba, di terawang.

Uang palsu dan uang asli sangat berbeda sekali dalam segi kualitas bahan, dan dapat di ketahui dengan menggunakan panca indera manusia.

"Namanya kertas yang di foto kopi, kalau di lihat secara kasat mata saja itu sudah nampak bedanya, yang kedua di lihat dan diraba, kalau yang asli ada kesat - kesatnya, dan yang ketiga kalau di terawang itu uang asli ada gambar airnya, yaitu gambar pahlawan , dan di tambah ada benang pengaman,"terangnya

Bila mana ada masyarakat yang menjadi korban uang palsu ini, iapun menghimbau untuk segera menghubungi pihak kepolisian terdekat, agar pihak kepolisian dapat segera menindaklanjuti terkait laporan tersebut.

Penulis: Ferryanto
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved