Program #BTS3 Sasar SDN 45 Tatai, Upaya Kumpulkan Donasi Didukung Berbagai Komunitas

Komunitas Mari Melihat melalui program Backpacker To Share (#BTS3) SDN 45 Tatai Kecamatan Ketungau Tengah melaksanakan kegiatan Open Donasi

Program #BTS3 Sasar SDN 45 Tatai, Upaya Kumpulkan Donasi Didukung Berbagai Komunitas
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Ketua Panitia Backpacker To Share 3 atau #BTS3, Jatu Rahmawati menunjukkan produk kaos #BTS3 yang dijual dalam kegiatan Open Donasi Untuk Pendidikan Ujung Negeri di Taman Bungur Sintang, Minggu (10/2/2019) sore. 

Program #BTS3 Sasar SDN 45 Tatai, Upaya Kumpulkan Donasi Didukung Berbagai Komunitas

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Komunitas Mari Melihat melalui program Backpacker To Share (#BTS3) SDN 45 Tatai Kecamatan Ketungau Tengah melaksanakan kegiatan Open Donasi Untuk Pendidikan Ujung Negeri di Taman Bungur Sintang, Minggu (10/2/2019) sore.

Ketua Panitia Backpacker To Share 3 atau #BTS3, Jatu Rahmawati mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi dari beberapa komunitas yang ada di Sintang yang berawal dari omongan warung kopi Komunitas Mari Melihat.

"Jadi awalnya kita cerita tentang backpacker to share ketiga, lalu kita bikin penggalangan dana bersama-sama dengan mengundang berbagai komunitas. Kita juga gak nyangka partisipan dari komunitas bakal seramai ini," katanya.

Baca: Penjelasan Dari BPKSDM Sanggau Terkait Seleksi P3K

Baca: Lesunya Bisnis Penerbangan di Indoensia Juga Terjadi Bandara Supadio

Baca: TNI AL Muara Kubu Bantu Cari Orang Hilang di Sungai Kapuas

Akhirnya setelah tercetus ide untuk kegiatan Backpacker To Share Tiga kepada berbagai komunitas di Sintang, ternyata ada sekitar 30 komunitas yang ikut berpartisipasi. Seperti komunitas film, sosial, dan fotografi.

"Sampailah hari ini kita lakukan penggalangan dana, dari komunitas yang ikut juga ada display, kemudian menjual produk-produknya, ada dari komunitas film, fotografi, membaca yang hasilnya untuk donasi kegiatan #BTS3," jelasnya.

Jatu menjelaskan bahwa alasan memiliki lokasi target #BTS3 di SDN 45 Tatai tidak terlepas dari masukan dari Bupati Sintang Jarot Winarno. Sebab ide tentang #BTS3 juga disampaikan dan direspon positif oleh Bupati Sintang Jarot.

"Ada beberapa sekolah yang Bapak Bupati rekomendasikan ke kita, tetapi pilihan lainnya sulit dijangkau. Lalu di SDN 45 Tatai ini, kami baru merasa pantas dibantu karena lokasinya dekat perbatasan dan memprihatinkan," katanya.

"Sekolahnya beralaskan tanah dan beratapkan daun anyaman yang sudah longgar kemudian tiang sekolahnya itu dari kayu jengger. Jadi kami merasa sekolah ini layak kami prioritaskan untuk program kami #BTS3," tambah Jatu.

Baca: UPDATE Tim Lolos Babak 16 Besar Piala Indonesia 2019, 2 Laga Ditunda Termasuk Persib Bandung

Baca: Wakapolres Sambas dan PPDI Kembali Salurkan Kursi Roda dan Tongkat Kepada Penyandang Disabilitas

Baca: Mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan Untan Gelar Bakti Desa Selama 20 Hari

Dia menjelaskan bahwa untuk program #BTS3 ini pihaknya membuka dua jenis donasi, yaitu donasi peralatan sekolah dan donasi untuk bangunan sekolah. Untuk donasi peralatan sekolah dikemas dakam satu paket senilai Rp 150 ribu.

Sedangkan untuk donasi bangunan, pihaknya tidak membatasi minimal dan maksimalnya berapa. Selain menyerahkan donasi secara langsung, donatur juga bisa berdonasi di link kitabisa.com pilihan SDN 45 Tatai.

"Saat ini alhamdulillah, dari target donasi bangunan sekolah ini Rp 50 juta, tercapai sudah 35 persen. Lewat kegiatan open donasi hari ini juga kita harapkan semakin bertambah, donasi bisa uang atau peralatan sekolah," ujarnya.

Target program #BTS3 sendiri, akan mulai dilaksanakan tanggal 21-24 Februari 2019. Para volunteer akan berangkat dengan Kapal Bandong dari Sintang menuju Kecamatan Ketungau Tengah, dan dilanjutkan dengan naik mobil.

"Selain menyerahkan donasi, di sana juga kita ada kegiatan kerja bakti, renovasi sekolah, program mengajar membangun mimpi, interaksi dengan warga, dan kiat menumbuhkan nilai nasionalisme di daerah perbatasan," tutupnya.

Penulis: Wahidin
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved