Mau Kopi Lebih Nikmat, 4 Hal Ini Penting Diperhatikan

Apakah kopi yang kamu buat di rumah tidak seenak kopi yang dibeli dan diseduh di kedai kopi?

Mau Kopi Lebih Nikmat, 4 Hal Ini Penting Diperhatikan
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Devina, Barista Apostroffee Hotel Neo Gajahmada. 

Beberapa dari kita tentu sudah pernah membeli kopi dalam bentuk biji atau bubuk di kedai kopi setelah merasakan enaknya kopi di sana. Walau kopi yang diseduh sama, rasanya ternyata tidak seenak buatan barista di kedai tersebut.

Nah, menurut Mirza Luqman, senior learning manager di Starbucks yang sudah berpengalaman 15 tahun menjadi barista, setidaknya ada empat hal penting yang harus diperhatikan saat menyeduh kopi agar terasa enak. Apa sajakah itu?

1. Air

Ilustrasi menyeduh kopi
 
 
Ingat, sekitar 98 persen kopi yang kamu minum itu terdiri dari air. Artinya, air memegang peran penting dalam menentukan rasa kopi nantinya.

Menurut Mirza, sebaiknya menggunakan air yang segar, bukan yang berbau logam, obat-obatan penjernih air, atau bau tengik.

"Kita bisa menggunakan air kran selama kualitasnya bagus. Bisa juga air mineral dalam botol  walau kualitas satu merek dengan merek lainnya berbeda," ujarnya di Starbucks Reserve Pakubuwono, Senin (29/1/2018).

Selain itu, Mirza juga menyarankan tidak menggunakan air murni. Pasalnya, air seperti itu justru membuat rasa kopi menjadi datar. "Lebih baik air bermineral karena kandungan mineral akan bereaksi dengan kopi untuk mengeluarkan rasanya," kata Mirza.

Soal suhu, temperatur yang tepat untuk menyeduh kopi adalah antara 90 dan 96 derajat celsius. Pada suhu itu, kopi akan terekstrak sempurna dan memunculkan flavour atau rasanya.

"Suhu bisa diukur menggunakan termometer. Namun bila tidak ada termometer, kita bisa mengakalinya dengan menunggu sekitar 1 menit setelah air mendidih, baru menuangkannya ke gelas kopi," ujar Mirza.

Baca: Hits Kopi Pancung Pontianak

2. Proporsi

Ilustrasi kopi
 
 
Kita sering kali memasukkan terlalu sedikit atau terlalu banyak bubuk kopi dalam gelas. Ini membuat rasa yang muncul tidak optimal.

Terlalu sedikit kopi bakal menghasilkan rasa yang pahit karena banyaknya air yang melewati bubuk kopi akan membawa serta rasa yang tidak diinginkan. Sementara terlalu banyak kopi berakibat bubuknya tidak terekstrasi dengan sempurna dan rasa kopi tidak muncul.

Halaman
123
Editor: haryanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved