Edi Kamtono Mengajak Masyarkat Hidup Sehat dan Periksa Kesehatan Berkala

Oleh karena itu, diharapkan masyarakat selalu mengecek kesehatannya, terlebih para kaum perempuan.

Edi Kamtono Mengajak Masyarkat Hidup Sehat dan Periksa Kesehatan Berkala
TRIBUNPONTIANAK/YOUTUBE
Penjelasan Edi Kamtono 

Edi Kamtono Mengajak Masyarkat Hidup Sehat dan Periksa Kesehatan Berkala 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengajak masyarakat untuk menjaga hidup sehat dan hidup bersih serta lingkungan maupun makanan.

Tak sedikit, penyakit yang menyerang masyarakat diawali dengan hidup tak sehat, lingkungan tak sehat serta pola makan yang tak sehat pula.

Oleh karena  itu, diharapkan masyarakat selalu mengecek kesehatannya, terlebih para kaum perempuan.

Hal itu, dikarenakan  berdasarkan laporan dari bidang  kesehatan menurutnya, bahwa satu diantara  penyakit yang mejyerang perempuan kanker serviks dan payudara.

Baca: Suriansyah: Masyarakat Jangan Terpancing Tabloid Indonesia Barokah

Baca: Edarkan Uang Palsu, Polsek Anjongan Tetapkan 4 Orang Tersangka

"Penyebabnya sampai saat ini, memang belum ada yang menyatakan penyebab pastinya, tapi ada beberapa dokter atau tulisan mengatakan bahwa setiap perempuam sudah mempunyai  kista yang kecil-kecil. Terus dari kista bisa menjadi kanker karena polusi, karena makanan yang terpapar zat mineral berat sehingga bisa memacu kista menjadi kanker leher rahim, kemudian ada pula yang menyatakan karena kebersihan itu sendiri," ucap Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Sabtu (9/2/2019).

Sebetulnya kalau itu, diketahui lebih dini maka dapat diobati. Masalahnya disebutkan Edi Kamtono, hampir semua jenis kanker baik rahim, payudara, tulang dan lainnya dikethui selalu setelah stadium lanjut.

"Kalau sudah stadium 3  dan 4 biasanya sulit untuk disembuhkan lagi. Termasuk kaka saya yang tertua, juga kena kanker  rahim dan meninggal, itu juga diketahui karena stadium lanjut," jelasnya.

Karena kanker,  selalu diketahui setelah lanjut, maka ditegaskannya  memang diperlukan untuk selalu mengecek kesehatan.

"Tapi persoalannya lagi,  masyarakat kita ini enggan kedokter atau pelayanan kesehatan untuk cek rutin. Kalau sudah sakit baru kita ini mau mendatangi pelayanan kesehatan," tambahnya.

Edi mengimbau, seluruh masyarakat untuk memanfaatkan layanan kesehatan yang telah ada, jangan pernah sia-siakan kesehatan. Terlebih untuk Wanita Usia Subur (WUS) harus memeriksakan kesehatannya secara berkala agar mudah mendeteksi apabila ada kanker leher rahim dan dapat diobati segera.

Penulis: Syahroni
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved