Inspektorat Terus Upayakan Pencegahan Korupsi di Kubu Raya

Rencana aksi pencegahan korupsi tersebut merupakan tindaklanjut program lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Inspektorat Terus Upayakan Pencegahan Korupsi di Kubu Raya
NET
Ilustrasi 

Inspektorat Terus Upayakan Pencegahan Korupsi di Kubu Raya

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Kepala Inspektorat Kubu Raya, Gemuruh mengatakan, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan rencana aksi pencegahan Korupsi secara masif. Diantaranya menurut dia melalui sistem pelayanan dan transaksi digital yang berbasis online.

"Rencana aksi pencegahan korupsi tersebut merupakan tindaklanjut program lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam mencegah potensi penyimpangan dalam pengelolaan keuangan negara, yang mengarah pada tindak pidana korupsi di daerah," ujarnya.

Saat ini menurutnya semua SKPD di Kubu Raya sedang mempersiapkan diri untuk menerapkan sistem pelayanan dan transaksi melalui sistem digital yang terintegrasi.

Baca: Cerita Rusman Ali yang Lebih 10 Kali Didatangi KPK

Baca: DPMPTSP Sintang Terapkan Online Single Submission, Pengusaha: Belum Tahu Prosesnya

"Sekarang ada sembilan SKPD yang coba kita selesaikan, untuk memulai rencana akasi pencegahan korupsi melalui penerapan pelayanan dan transaksi menggunakan sistem," katanya.

Ia berharap 2019 penerapan sistem tersebut sudah dilakukan secara merata, termasuk sampai ke pelayanan dan transaksi keuangan dalam penggunaan dana desa di setiap desa.

"Konsep tersebut sangat efektif dalam melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintah yang lebih baik. Sekarang sitem pelayanan dan transaksi secara online sudah mulai di terapkan, misalnya melalui e-planing atau e-budgeting. Ini kan sudah mulai jalan tetapi kedepan semua dinas, hingga ke Pemerintahan Desa kita harapkan semuanya menerapkan sistem ini," tukasnya.

Baca: Telah Periksa 5 Saksi, Perkara Penganiayaan 2 Pegawai KPK Naik ke Penyidikan

Baca: Cegah Kasus Anggota DPR Dapil Kalbar Sukiman Berulang, KPK Ingatkan Ini Kepada Daerah

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved