IESPA Kalbar, Rumah Besar Bagi Pegiat e-Sport Kalbar

Hanya saja, memang juga harus ada habit shifting sih dari casual gamers ke habit-nya atlet profesional. Jadi, niatan buat jadi atlet e-sport

IESPA Kalbar, Rumah Besar Bagi Pegiat e-Sport Kalbar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Ketua Indonesia e-Sports Association (IESPA) Kalbar, Widiarto, berpose bersama Menpora Imam Nahrowi, beberapa waktu lalu. 

IESPA Kalbar, Rumah Besar Bagi Pegiat e-Sport Kalbar

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Perkembangan elektronik sport (e-sport) membuka peluang besar bagi para penikmat game meretas karir profesional. Tak terkecuali bagi 'penggila' game di Kalbar.

"Dari eksebisi di Asian Games beberapa waktu lalu, kini sudah menjadi cabang olahraga di Sea Games. Juga di kompetisi lain di level Asia dan internasional," ungkap Ketua Indonesia e-Sports Association (IESPA) Kalbar, Widiarto, saat ditemui, Rabu (23/01/2019) lalu.

Dengan demikian, ada kesempatan untuk men-shifting target dan tujuan bermain game.

Dari casual gamers yang sekadar main suka-suka, menjadi pemain profesional yang bisa mengukir prestasi bahkan juga 'uang'.

Baca: Hadiri Musrenbang, Bhabinkamtibmas Sisipkan Imbauan Kamtibmas

Baca: Jadwal Liga Inggris & Klasemen Premier League: Liverpool Vs Leicester, Peluang Spurs Tempel Man City

Baca: Update Cuaca BMKG : Akan Turun Hujan Lokal di Seluruh Wilayah Ketapang

Hanya saja, memang juga harus ada habit shifting sih dari casual gamers ke habit-nya atlet profesional. Jadi, niatan buat jadi atlet e-sport pro juga bisa berjalan mulus.

"e-sport itu sangat berbeda dengan main game biasa atau yang disebut gamer, atau bahasa umumnya cashal gamers. Karena menjadi seorang e-sport itu sudah sama seperti atlet (profesional)," jelasnya lagi.

Perbedaan terbesar menurutnya ada pada program pembinaan, struktur organisasi dan kompetisi, serta juga pengarahan dalam mencapai prestasi. Sesuatu yang tidak ada pada casual gamers pada umumnya.

Dalam konteks itu, IESPA Kalbar yang berdiri sejak 2013 ini, menurutnnya bisa jadi wadah para casual gamer 'naik kelas' menjadi atlet e-sport pro.

Sejauh ini, IESPA Kalbar membawahi divisi consol dengan cabang olahraga Takken, Dota, Crossfire dan FIFA, CS Go. Lalu juga berkembang ke game ber-platform mobile semacam Arena of Valour dan Mobile Legend yang jadi dua di antaranya.

Halaman
12
Penulis: Ishak
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved