Berikut Tips Perawatan Aki Motor Menurut Mekanik Toegimin

Disamping itu kita mesti rutin melakukan pengecekannya, ataupun kalau bisa dalam waktu setengah tahun air aki nya di ganti,

Berikut Tips Perawatan Aki Motor Menurut Mekanik Toegimin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANESH VIDUKA
Perawatan aki motor 

Berikut Tips Perawatan Aki Motor Menurut Mekanik Toegimin 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Aki merupakan satu di antara perangkat penting dalam kendaraan bermotor, tak ada aki peforma kendaraan tidak maksimal, bahkan tampak usang dari usianya. 

Ada beberapa pengaruh akibat aki kendaraan rusak, atau tidak bekerja dengan baik, khususnya aki sepeda motor, di antaranya elektrik starter tidak berfungsi dengan baik, kedipan lampu sein lama dan bunyi klakson tidak nyaring. 

Satu di antara mekanik senior Pontianak, Toegimin Fudjiarto membagikan tips perawatan aki.

"Kalau aki kering bebas perawatan, tergantung kondisinya, periksa kondisi regulatornya masih bekerja maksimal ga, itukan untuk pengecasan saat mesin motor hidup, jadi intinya aki kering tidak butuh perawatan, tergantung regulatornya, kalau regulator nya sudah tidak bekerja maksimal mesti diganti, karena dia ga ngecas, nanti orang bilang kesalahan pada akinya sebenarnya kan tidak," jelas pria yang akrab disapa pak Cung ini.

Perawatan aki motor
Perawatan aki motor 

Untuk penggantian aki kering pak Cung mengatakan tidak ada patokan, karena untuk masalah elektronik itukan tidak bisa kita ketahui kapan rusaknya, ia menyampaikan tanda-tanda aki kering udah soak bisa diketahui ketika kita menyalakan mesin motor menggunakan elektrik starter, motor tak bisa nyala. 

Baca: BREAKING NEWS - Laga Pro Futsal Kancil BBK Vs BLACK STEEL MANOKWARI Dihentikan Akibat GOR Bocor

Baca: Asal Konsisten, Edi Kamtono Optimistis Kancil BBK Menang

"Juga tergantung dari kondisi motornya, elektrik starter kan ada dinamo nya, ada arangnya, kalau arangnya tidak bisa bekerja maksimal, itu kan makan aki juga," jelas Pak Cung. 

Kemudian aki basah, tak seperti aki kering, aki basah memang dibutuhkan perawatan agar tidak cepat soak, dijelaskan pak Cung, paling tidak seminggu sekali atau dua minggu sekali sebaiknya dilakukan pengecekan, jangan sampai air aki nya kurang apalagi kering.

"Disamping itu kita mesti rutin melakukan pengecekannya, ataupun kalau bisa dalam waktu setengah tahun air aki nya di ganti, karena didalamnya ada elemen-elemen, elemen-elemen itu lah yang berfungsi, namanya ada air aki biasa sama air aki zuur, kalau aki baru kan pakai air aki zuur, kalau aki lama pakai air aki biasa," pungkasnya. 

Penulis: Anesh Viduka
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved