Setujui Pembebasan Abu Bakar Baasyir, Yusril: Ini Menunjukkan Jokowi Tak Kriminalisasi Ulama

Yusril Ihza Mahendra mengatakan bahwa awal pekan depan administrasi pembebasan Abu Bakar Baasyir dari Lapas Gunungsindur iBogor akan diselesaikan.

Setujui Pembebasan Abu Bakar Baasyir, Yusril: Ini Menunjukkan Jokowi Tak Kriminalisasi Ulama
Ist
Ustaz Abu Bakar Baasyir 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BOGOR -  Yusril Iza Mahendra menyebut pembebasan Abu Bakar Baasyir dari Lapas Gunungsindur Bogor sudah disetujui Presiden Joko Widodo.

Ketua Umum PBB sekaligus Kuasa Hukum pasangan calon presiden nomor urut 01 Jokowi-Maruf Amin tersebut mengatakan bahwa Jokowi perhatian terhadap persoalan Abu Bakar Baasyir.

"Keputusan Jokowi sangat concern soal persoalan Abu Bakar Baasyir ini, dan kita ketahui beliau dipidana bukan pada masa pemerintahan Jokowi," kata Yusril saat ditemui TribunnewsBogor.com di Lapas Gunungsindur Bogor, Jumat (18/1/2019).

Ia menjelaskan bahwa yang menjadi pertimbangan Jokowi terhadap pembebasan Abu Bakar Baasyir merupakan aspek kemanusiaan.

Sebab, Abu Bakar Baasyir kini sudah renta dengan umur 81 tahun dan tak sanggup melakukan banyak aktivitas.

Baca: Abu Bakar Baasyir Dibebaskan, Ini Alasan dan Pertimbangan Presiden Jokowi

"Sekarang ini sudah saatnya beliau (Abu Bakar Baasyir) untuk dibebaskan. Ini juga menunjukkan kepada publik dan masyarakat, bahwa tidak betul Pak Jokowi ini melakukan persekusi atau melakukan kriminalisasi terhadap ulama, ini contoh nyata concern beliau," ungkapnya.

Diproses Pekan Depan

Abu Bakar Baasyir (81) dipastikan segera bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunungsindur, Kabupaten Bogor.

Hal ini dikatakan oleh Yusril Ihza Mahendra saat menengok Abu Bakar Baasyir di Lapas Gunungsindur, Kabupaten Bogor, Jumat (18/1/2019).

Bahkan di dalam Lapas Gunungsindur, Yusril juga ikut salat Jumat dengan penghuni lapas lain termasuk Abu Bakar Baasyir.

Abu Bakar juga tampak masih kuat berjalan kaki meski pun menggunakan tongkat di usianya yang ke-81 ini.

Sepulang salat Jumat dengan mengenakan baju dan peci serba putih, Abu Bakar sempat menerima sapaan tamu yang hadir sembari tersenyum dan berjalan kaki menuju ruang tamu Lapas.

Yusril Ihza Mahendra mengatakan bahwa awal pekan depan administrasi pembebasan Abu Bakar Baasyir dari Lapas Gunungsindur iBogor akan diselesaikan.

"Awal minggu depan ini prosesnya administrasinya akan diselesaikan oleh kalapas juga pengacara Abu Bakar Ba'asyir," ungkapnya.

Yusril Ihza Mahendra menuturkan bahwa Abu Bakar Ba'asyir di usia tuanya ini masih tergolong sehat meski pun kesehatannya masih dipantau dokter lapas.

"(Abu Bakar Ba'asyir) Sehat, tapi kakinya bengkak, sakit, dan tadi juga ada dokter yang merawat beliau datang mengecek kesehatannya," kata Yusril.

 Penulis: Naufal Fauzy

Artikel ini telah tayang di tribunnewsbogor.com dengan judul:  Pembebasan Abu Bakar Baasyir Disetujui Presiden, Yusril: Pak Jokowi Tak Kriminilisasi Ulama

Editor: Arief
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved