Citizen Reporter

Batu Joto, Pilihan Warga Sekadau untuk Berlibur

Batu Joto merupakan riam sungai yang banyak terdapat bebatuan besar yang tersusun secara acak

Batu Joto, Pilihan Warga Sekadau untuk Berlibur
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Suasana Riam Batu Joto 

Citizen Reporter 
Mahasiswi IAIN Pontianak, Ayu Sartika 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kabupaten Sekadau adalah salah satu Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Kabupaten Sekadau merupakan daerah kecil yang memiliki beragam tempat wisata, salah satunya adalah tempat wisata Batu Joto.

Tempat wisata Batu Joto ini terletak di Desa Pantok, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. 

Batu Joto merupakan riam sungai yang banyak terdapat bebatuan besar yang tersusun secara acak. Batu Joto menjadi pilihan utama masyarakat Sekadau dalam berlibur. 

Baca: BMKG Rilis Peringatan Dini untuk Sejumlah Daerah di Kalbar, Kapuas Hulu Prediksi Hujan

Baca: Gelar Rapat Kerja, HMI Cabang Mempawah Tekankan Komitmen Pengurus 1 Periode Kedepan

Pak Eman, satu di antara warga desa Pantok mengatakan bahwa “tidak hanya masyarakat Sekadau namun ada juga wisatawan dari luar yang berkunjung ke termpat wisata tersebut.

Biasanya Batu Joto ramai dikunjungi pada hari kebesaran misalnya hari raya, tanggal merah atau liburan, dan tidak kalah ramainya pada akhir tahun menyambut tahun baru.” 

Untuk dapat mencapai tempat wisata tersebut dapat menggunakan alat transportasi motor, namun ada juga yang menggunakan pick up. Jarak untuk mencapai lokasi wisata berkisar sekitar 1 1/2 jm dari kota Sekadau.

Jalan untuk menuju kesana sebagian sudah beraspal dari kota Sekadau sampai kecamatan ujung Nanga Taman dan dan sebagian lagi masih tanah kuning.

Namun di balik akses jalan yang sulit untuk mencapai lokasi wisata tersebut akan terbayarkan dengan keindahan pesona alam yang dipaparkan oleh tempat wisata yang dijuluki Bato Joto. 

 Tempat wisata dengan hamparan batu dan air yang begitu jernih membuat membuat kita tidak mempunyai alasan untuk tidak ikut mandi bersama, ditambah lagi di sekeliling aliran air bebatuan terdapat pepohonan yang rimba sehingga menjadikan daerah tersebut udaranya segar dan dingin. 

Tarif yang dikenakan untuk masuk ke lokasi wisata tersebut berkisar sekitar Rp 2 ribu per-motor dan Rp 5 ribu per-mobil.

Batu Joto juga sudah mempunyai fasilitas seperti kamar ganti dan wc umum, sehingga para wisatawan tidak khawatir lagi mau mengganti pakaian dimana ketika setelah mandi.

Baca: Berikut Fasilitas Terbaru dari STIKes Yarsi Pontianak

Batu Joto terbagi menjadi 2 (dua) bagian, di bagian bawah ketika kita baru sampai kita akan di suguhkan dengan heningnya air yang membalut batu, dengan mendesisnnya suara air yang mengalir dari air terjun dari bagian atas bukitnya lagi, untuk mendaki menuju bagian atas tidak terlalu begitu jauh,  disana kita akan melihat air yang begitu memukaukan mata kita karena pemandangan yang begitu indah tepat di depan mata kita.

Batu Joto sangat cocok untuk liburan keluarga, kerabat, maupun dengan pasangan. Di sana tidak sedikit mereka yang merayakan berkunjungnya mereka kesana dengan membuat acara, seperti bakar-bakar makanan, menghamparkan tikar dan membawa bekal makanan dari rumah untuk makan ramai-ramai disana. 

Namun bukan berarti disana tidak terdapat kantin atau warung hanya saja beberapa orang punya cara tersendiri untuk mengabadikan kenangannya. 

Penulis: Syahroni
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved