Rusunawa Harapan Jaya Siap Huni, Pemkot Tunggu Penyerahan Pusat

Sementara biaya sewa perbulannya, untuk lantai satu Rp150 ribu, lantai dua Rp140 ribu, lantai tiga Rp 130 ribu dan lantai empat Rp 120 ribu.

Rusunawa Harapan Jaya Siap Huni,  Pemkot Tunggu Penyerahan Pusat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ SYAHRONI
Tampak Rusun Jalan Harapan Jaya dan saat ini menunggu penyerahan aset dari pemerintah pusat pada pemerintah kota agar bisa dioperasionalkan. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak; Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TRIBUN - Pemerintah Kota Pontianak mendorong Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk segera menyerahkan aset berupa rumah susun sewa (rusunawa) yang sudah rampung dibangun di Jl Harapan Jaya, Kota Baru, Pontianak Selatan.

Sebab rusunawa yang saat ini sudah selesai dibangun namun tidak bisa dihuni lantaran belum ada penyerahan dari pemerintah pusat. Ada satu rusun lagi yang masih dibangun yang berada di Jalan Karet Pontianak Barat. Namun di dua lokasi itu sudah ditunggu warga untuk segera dihuni dan dimanfaatkan.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Pontianak, Fuadi Yusla menjelaskan, dua tower bangunan Rusunawa di Jalan Harapan Jaya, Kota Baru Pontianak saat ini sudah rampung dikerjakan. Bangunan tersebut memiliki 180 kamar dengan empat lantai dan merupakan bantuan dari pemerintah pusat untuk Kota Pontianak.

Namun sampai saat ini pihaknya masih menunggu pemerintah pusat untuk menyerahkan rusun yang sudah selesai dibangun sejak beberapa bulan lalu. "Sampai hari ini, kita masih menunggu penyerahan dari Kementerian PUPR. Sehingga pengelolaan secara penuh belum bisa dilaksanakan oleh pemerintah kota," ucap Fuadi, Jumat (11/1/2019).

Bangunan saat ini sudah selesai, Fuadi jelaskan catnya mulai luntur tapi itu semua masih menjadi tanggung jawab pemerintah pusat karena belum ada penyerahan aset sehingga belum bisa dikelola oleh Pemkot Pontianak.

Apabila rusun dua tower yang terletak di Jalan Harapan Jaya itu diserahkan, maka langsung dioperasionalkan. "Saat ini yang daftar sudah banyak, saya lupa jumlahnya berapa. Tapi peminatnya cukup banyak,"ucapnya.

Baca: Penemuan Tiga Hal Aneh di Hutan, Ada Legenda yang Terbukti Nyata

Baca: Bocah Ini Kehilangan 100 Kilogram Berat Badannya Berkat Operasi Bariatrik, Begini Hasilnya

Baca: Bupati Citra Tegaskan Kepala OPD Tak Boleh Otoriter

Syarat mendaftar sebagai penempat Rusun, disampaikan Fuadi, yang jelas warga Pontianak dan beridentitas pendudk Kota Pontianak.

"Tujuan kitakan, mengentaskan kemiskinan dan syarat mutlak adalah warga yang tidak punya rumah," tegasnya.

Sementara biaya sewa perbulannya, untuk lantai satu Rp150 ribu, lantai dua Rp140 ribu, lantai tiga Rp 130 ribu dan lantai empat Rp 120 ribu.

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved