Pokja : Hadirnya Relawan Demokrasi Wujud Keinginan KPU Untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Ia menjelaskan, perekrutan Relawan Demokrasi (Relasi) yang telah di buka oleh KPU dari beberapa hari yang lalu itu.

Pokja : Hadirnya Relawan Demokrasi Wujud Keinginan KPU Untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pokja Rumah Demokrasi Korwil Singbebas, Rizki Imanuddin SH. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak M Wawan Gunawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS,- Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) Rumah Demokrasi Singkawang, Bengkayang dan Sambas (Singbebas) Rizki Imanuddin SH mengatakan, hadirnya Relawan Demokrasi adalah bukti keseriusan KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih di pemilu 2019.

"Ya kami sangat mendukung KPU Kabupaten sambas telah membuka kesempatan bagi para Pemuda, dalam mengawal dan mewujudkan demokrasi yang jujur dan adil," ujarnya, Jum'at (11/1/2019).

"Selain ingin mewujudkan pemilu yang Jujur dan adil, ini juga bentuk keseriusan KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih di pemilu 2019," jelas Rizki.

Baca: Daftarkan Diri Sebagai Relawan Demokrasi, Ini Yang Akan Dikerjakan Rian Jika Terpilih

Baca: Martono : Relawan Demokrasi Bertugas Untuk Membantu KPU

Baca: KPU Kabupaten Sambas Buka Pendaftaran Relawan Demokrasi

Ia menjelaskan, perekrutan Relawan Demokrasi (Relasi) yang telah di buka oleh KPU dari beberapa hari yang lalu itu. Secara tidak langsung sudah memberikan kesempatan para pemuda untuk mengawal demokrasi tersebut.

Tidak hanya itu, program itu juga sekaligus mebuka wadah bagi pemuda, khususnya di Sambas agar bisa berpartisipasi di pesta Demokrasi kali ini.

"Yang ingin berpartisipasi dan mengawal serta mewujudkan demokrasi yang jurdil (jujur dan adil) dalam mensukseskan pemilu di 17 april 2019. Tentu ini jadi kesempatan yang bagus untuk berpartisipasi," tuturnya.

Oleh karenanya, Rizki berharap tidak hanya berpartisipasi sebagai penyelenggara. Tapi bagi pemuda yang berpartisipasi di luar penyelenggara pemilu atau komunitas dan Kelompok-kelompok diskusi.

Agar bisa jeli melihat dan menganalisis perkembangan yang ada.

"Saya berharap, semoga di 2019 ini para pemuda harus bangun dan jeli terhadap perkembangan Demokrasi di Negaranya sendiri. Bahwa betapa besar peranan seorang pemuda untuk membangun dan mencerdaskan kehidupan bangsa yang akan datang," tukasnya.

Oleh karenanya, dengan adanya relawan demokrasi yang telah di buka KPU untuk pendaftarannya. Rizki ingin yang terpilih nantinya dapat bekerja maksimal dan mengerti akan mekanisme kerjanya.

"Terutama dalam memberikan informasi kepada masyarakat khususnya, sehingga dari sosialisasi yang telah di sampaikan semoga partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak suaranya bisa semangkin meningkat," tutup Rizki. 

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved