Martono : Relawan Demokrasi Bertugas Untuk Membantu KPU

Untuk diketahui, Program relawan Demokrasi adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan kualitas pemilih

Martono : Relawan Demokrasi Bertugas Untuk Membantu KPU
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ M WAWAN GUNAWAN
Antusiasme para calon Relawan Demokrasi saat mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Sambas, Jum'at (11/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak M Wawan Gunawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS,- Komisioner KPU Kabupaten Sambas Martono menjelaskan, ada beberapa tugas yang harus di lakukan apabila sudah terpilih menjadi Relawan Demokrasi.

Menurutnya, salah satu tugas tersebut adalah untuk membantu KPU mensosialisasikan pemilu terutama kepada sebelas basis yang telah di atur dan di Programkan.

"Relawan demokrasi ini akan menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis Kabupaten-kota," ujarnya, Jum'at (11/1/2019).

Baca: KPU Kabupaten Sambas Buka Pendaftaran Relawan Demokrasi

Baca: Penipu di Ngabang Dibekuk Dengan Cara Ditipu Pula, Begini Kronologisnya

Baca: Ingin Tau Mendalam Persiapan KPU dalam Pemilu, Ayu Pilih Jadi Relawan Demokrasi.

Untuk diketahui, Program relawan Demokrasi adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih pada Pemilu 2019.

Oleh karenanya, Program ini akan melibatkan peran serta masyarakat yang seluas-luasnya di mana mereka (masyarakat) akan ditempatkan sebagai pelopor Demokrasi bagi komunitasnya masing-masing.

"Bentuk peran serta masyarakat ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat, serta tanggung jawab penuh dari masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara optimal," jelasnya.

Karena sebagaimana diketahui,
Program Relawan Demokrasi ini hadir karena dilatarbelakangi oleh menurunnya partisipasi masyarakat pada pemilu yang cenderung menurun.

Maka dengan demikian selama tiga bulan kedepan, diharapkan hadirnya Relawan Demokrasi akan mampu meningkatkan partisipasi pemilih di Kabupaten Sambas khususnya, dan di Indonesia umumnya.

"Relawan demokrasi akan dikontrak selama 3 bulan untuk melakukan sosialisasi pemilu tahun 2019 kepada basisnya masing-masing," tutupnya. 

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved