KPU Kabupaten Sambas Buka Pendaftaran Relawan Demokrasi

Ia menjelaskan, sampai dengan siang tadi. Tercatat sudah ada 47 orang yang mendaftarkan diri sebagai Relawan Demokrasi di KPU Kabupaten Sambas.

KPU Kabupaten Sambas Buka Pendaftaran Relawan Demokrasi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ M WAWAN GUNAWAN
Antusiasme para calon Relawan Demokrasi saat mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Sambas, Jum'at (11/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak M Wawan Gunawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS,- Komisioner KPU Kabupaten Sambas Martono mengungkapkan, bahwa saat ini KPU Kabupaten Sambas membuka pendaftaran Relawan Demokrasi.

Ia mengungkapkan, pembukaan relawan demokrasi itu, di buka dari 8-16 Januari 2019.

"Relawan Demokrasi (Relasi) untuk pemilu tahun 2019 dibuka dari tanggal 8 sampai dengan 16 Januari 2019," ujarnya, Jum'at (11/1/2019.

Baca: Ingin Tau Mendalam Persiapan KPU dalam Pemilu, Ayu Pilih Jadi Relawan Demokrasi.

Baca: Pegasus Sambas Akan Turunkan Pemain Lokal, Ini Sosok Mereka

Baca: TQN Khatibiyah Sambas Gencar Adakan Kajian Keislaman

Baca: Suporter Optimis Pegasus Sambas Petik Kemenangan Perdana

Ia menjelaskan, sampai dengan siang tadi. Tercatat sudah ada 47 orang yang mendaftarkan diri sebagai Relawan Demokrasi di KPU Kabupaten Sambas.

Martono menambahkan, bahwa untuk saat ini pihaknya akan merekrut maksimal 55 orang Relawan Demokrasi. Yang mana nanti akan membantu KPU menyasar Kelompok-kelompok pemilih.

"Jumlah relawan demokrasi maksimal 55 orang yang mewakili keseluruhan basis pemilih dengan ketentuan setiap basis pemilih terdiri dari minimal 4 orang relawan," jelasnya.

Lebih lanjut Martono menerangkan, bahwa sasaran dalam pelaksanaan sosialisasi dan pendidikan pemilih dari hadirnya Relawan Demokrasi adalah sesuai dengan PKPU Nomor 10 Tahun 2018, pasal 5 ayat 1 huruf a.

Yang mana, apa yang menjadi tugas dan program yang dilakukan oleh Relawan Demokrasi harus melipui 11 basis pemilih

Yakni basis Keluarga, basis Pemilih Pemula, Basis Pemilih Muda, basis Pemilih Perempuan, basis Penyandang Disabilitas, basis Pemilih Berkebutuhan Khusus, basis Kaum Marginal, basis Komunitas, basis Keagamaan, basis Warga Internet dan basis Relawan Demokrasi itu sendiri.

"Hanya saja karena relawan demokrasi adalah subjek yang akan melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih, maka hanya ada 10 basis pemilih yang menjadi sasaran sosialisasi dan pendidikan pemilih," tutupnya. 

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved