Pileg 2019

KPU Buka Pendaftaran Relawan Demokrasi, Agoes: Relawan Bukan dari Kalangan Partisan

Yang paling penting ini non Partisan, jadi relawan ini tidak boleh dari basisnya Partai Politik

KPU Buka Pendaftaran Relawan Demokrasi, Agoes: Relawan Bukan dari Kalangan Partisan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FERRYANTO
Ketua KPU Mempawah M. Agoes Soesanto. 

Laporan wartawan Tribun Pontianak, Ferryanto

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - KPU Mempawah membuka pendaftaran bagi masyarakat umum yang hendak mendaftarkan dirinya sebagai relawan Demokrasi di Kabupaten Mempawah.

Pendaftaran ini telah di buka sejak tanggal 8 Januari lalu, dan akan di tutup pada tanggal 15 Januari 2018.

Tugas pokok relawan Demokrasi ini adalah untuk mensosialisasikan terkait pemilu kepada masyarakat, dan dalam hal ini, KPU membagi kelompok.

Masyarakat dalam 10 basis, antara lain adalah  Pemula, Muda, Perempuan, Penyandang Dissabilitas, Berkebutuhan Khusus, Kaum Marjinal, Komunitas, Keagamaan, Warga Net, dan Keluarga.

Baca: Dua Sepeda Motor Terlibat Kecelakaan di Kedamin, Polisi Beberkan Kronologinya

Baca: Tegaskan Pentingnya Keterbukaan Informasi, Pemprov Kalbar Akan Ekspos APBD Kalbar ke Koran

Ketua KPU Mempawah M. Agoes Soesanto menjelaskan bahwa usia minimal bagi 17 tahun, dan pendidikan terakhir Minimal SMA, dan khusus untuk relawan demokrasi yang memilih basis Pemula maka usia maksimal 25 tahun, dan di Kabupaten Mempawah KPU Membutuhkan sebanyak 55 orang relawan.

Agoes menjelaskan bahwa tujuan utama dari dibentuknya Relawan Demokrasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses pemilu, meningkatkan Partisipasi Pemilih, yang ketiga meningkatkan kepercayaan Publik terhadap proses demokrasi, dan yang keempat membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda Pemilu dan demokrasi.

Agus menegaskan bahwa persyaratan utama dalam menjadi relawan Demokrasi ini adalah bahwa pendaftar bukan Partisan Politik, hal ini di tujukan untuk menjaga independensi KPU.

"Yang paling penting ini non Partisan, jadi relawan ini tidak boleh dari basisnya Partai Politik, 5 tahun terakhir tidak boleh menjadi anggota partai Politik, dan yang penting juga mereka ini berkomitmen untuk menjadi relawan Pemilu,"jelas Agus, Jumat (11/01/2019).

Penulis: Ferryanto
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved