Sikapi Januari Effect, Ini Catatan BM PT Reliance Sekuritas Untuk Investor

Namun Riza mengatakan pada awal Februari kemungkinan akan terjadi traffic taking karena menunggu laporan keuangan di bulan Maret, April, dan Mei

Sikapi Januari Effect, Ini Catatan BM PT Reliance Sekuritas Untuk Investor
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ MASKARTINI
Branch Manager PT Rekiance Sekuritas, Riza Juliandri 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Branch Manager PT Reliance Sekuritas Pontianak, Riza Juliandri menilai Januari effect sudah terlihat dari minggu pertama pada Januari. Ia mengatakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sempat menyentuh level 6.300.

Banyak faktor kata Riza yang juga dapat mempengaruhi indeks pada Januari antara lain faktor ekonomi global. Termasuk faktor-faktor pertumbuhan ekonomi dunia yang dipengaruhi oleh kebijakan ekonomi Amerika Serikat dibawah presiden Donald Trump.

Baca: January effect? Investment Specialist Panin Asset Sebut Keuntungan Dirasakan Investor Bermodal Besar

Baca: 2019 OJK Kalbar Kembangkan Sistem Layanan Informasi Keuangan

"Apakah diminggu kedua akan terjadi hal yang berkaitan dengan Januari effect, masih akan kita lihat. Namun melihat pertumbuhan di minggu pertama, saya pikir kenaikan saham di Januari ini masih akan sedikit optimis," ungkap Riza, Rabu (9/1/2019).

Namun Riza mengatakan pada awal Februari kemungkinan akan terjadi traffic taking karena menunggu laporan keuangan di bulan Maret, April, dan Mei. Apakah Januari effect terjadi setiap tahunnya, kata Riza tergantung faktor yang mempengaruhi. 

Diakui Riza ditahun ini, Januari effect berdampak positif kepada pasar modal dilihat dari data indeks yang ada. "Jadi, tidak selalu setiap tahun. Tergantung faktor yang menggerakkan yaitu ekonomi, politik dan sebagainya. Catatan bagi investor, market cenderung konsolidasi setelah minggu kedua. Melihat apakah bisa tembus dilevel 6.300," ujarnya.

Untuk para investor, Riza memberikan beberapa catatan yang perlu diperhatikan.

"Catatan untuk investor, pola investasinya short time atau trading jangan pegang lama-lama. Ketika sudah profit realisasikan keuntungan secepatnya. Bila ada saham yang menarik secara fundamental dan teknikal bisa diambil untuk di koleksi," ujarnya.
 

Penulis: Maskartini
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved